Catatan Pengembara

Sekilas Tentang Conditional Sentences

0

Conditional sentences adalah sebutan lain dari kalimat pengandaian. Kalimat ini sering mondar-mandir dalam setiap paragraf bahasa inggris. Entah itu saat ujian atau bahkan ulangan harian biasa. Materi ini memiliki 4 tipe pengandaian yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Kira-kira bagaimana perbedaan dari 4 tipe kalimat pengandaian itu? Simak materi ini baik-baik ya!

conditional-setences-contoh
Conditional Sentence

Pengertian Conditional Sentences

Menurut kampunginggris.id, Conditional sentence adalah sebuah kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan pengandaian, harapan, serta keinginan. Boleh jadi pengandaian tersebut bisa terwujud ataupun tidak.

Conditional sentence berbentuk complex sentence (kalimat majemuk) yang terbentuk dari subordinate clause dan diawali dengan subordinate conjunction if dan main clause.

Dalam bahasa inggris, materi ini dibagi menjadi 4 tipe. Conditional sentence tipe 1, tipe 2, tipe 3, dan tipe 0.

Rumus Conditional Sentence Secara Umum

Meskipun dibagi dalam beberapa tipe, conditional sentence memiliki rumus umum yang biasa digunakan dalam kalimat sederhana.

Rumus umum:

If + condition + result / consequence

  • If + condition termasuk dalam subordinate clause, sedangkan result / consequence termasuk dalam main clause.
  • Penempatan dari if-clause bisa di awal kalimat ataupun tengah kalimat. Bila ditempatkan di awal kalimat, maka koma (,) berada sebelum main clause.

Perbedaan Rumus, Kegunaan, dan Contoh Kalimat dari Jenis Conditional Sentences

Karena penggunaan dari ke empat tipe conditional sentence berbeda, tentu rumus dari masing-masing tipe juga berbeda. Yuk pahami sedikit penjelasn tentang conditional sentence!

1. Type 0

Type 0 merupakan sebuah ungkapan pengandaian yang selalu terwujud. Hal ini terjadi karena apa yang diungkapkan dengan conditional sentence type 0 merupaka fakta ilmiah dan kebenaran umum yang sudah jadi kebiasaan.

Rumus Type 0

If + simple present

Contoh Kalimat Type 0

  • Water will boil, if you heat it at 100 degrees celsius (air akan mendidih, jika kamu memanaskannya pada suhu 100 derajat celsius)
  • If I don’t sleep well, I’m really sleepy in the morning (jika aku tidak tidur dengan baik, aku akan engantuk saat pagi)

2. Type 1

Type 1 atau memiliki kata lain first conditional. Kalimat pengandaian ini biasanya digunakan untuk menyatakan kalimat yang mungkin terwujud di masa depan karena realistis.

Rumus Type 1

If + simple present, simple future “will” / imperative

Contoh Kalimat Type 1

  • If I meet her, I’ll hug her and show my love (Jika saya bertemu dia, saya akan memeluknya dan menunjukan cintaku.
  • Will you reply my questionns if I force you? (maukah kamu menjawab pertanyaanku jika aku memaksamu?)

3. Type 2

Second conditional biasanya digunakan untuk mengungkapkan sebuah pernyataan yang kemungkinan terjadinya sedikit, tidak mungkin terjadi di masa sekarang atau bahkan sulit terjadi di masa depan.

Rumus Type 2

If + simple past, would,/could/might + bare infinitive

Contoh Kalimat Type 2

  • if I did not come to Susi’s wedding, I would not meet my ex-girlfriend (jika aku tidak datang ke pernikahan Susi, aku tidak akan bertemu mantanku)
  • she would win the competition if she tried a little harder (dia akan memenangkan pertandingan itu jika dia berusaha sedikit lebih keras)

4. Type 3

Third conditional digunakan untuk menyatakan kalimat pengandaian yang tidak mungkin terjadi karena kondisinya tidak terpenuhi di masa lau.

Rumus Type 3

If + past perfect, would/should/could/might + have + past participle

Contoh Kalimat Type 3

  • if you had given me a cak on my birthday, I would have been very happy. (jika saja kamu memberiku sebuah kue di hari ulang tahunku, aku pasti sangat senang)
  • I would have trusted the information from you if you hadn’t fooled me before (aku tentu sudah mempercayai informasi darimu jika kamu tidak pernah menipuku sebelumnya)

Nah itu dia sekilas tentang conditional sentence dan rumusnya yang sering digunakan dalam kalimat bahasa inggris. Kira-kira menurut kamu, mana conditional sentence yang paling susah?

Leave a Reply