Catatan Pengembara

Wajib Dicoba Melepas Penyu di Pantai Sukamade Banyuwangi

0
Posted in Wisata By Poselver ada

Triangle Dimonds adalah 3 tempat wisata di banyuwangi yang sangat populer dan sekali kita mengunjungi banyuwangi kita wajib travelling di tiga tempat tersebut, salah satunya adalah mengunjungi Pantai Sukamade Banyuwangi. Pantai sukamade adalah pantai yang di temukan oleh seseorang berkebangsaan belanda pada tahun 1927. Pantai  ini layaknya pulau hawai yang ada di afrika karena memiliki pemandangan yang sangat apik. Selain itu, pantai ini merupakan surga dunia bagi para penyu untuk mengembangbiakkan keturunannya yaitu para tukik yang lucu dan ngegemesin pokoknya kalau ke pantai sukamade para traveller harus ikut ritual lepas tukik-tukik ke pantai.

Kenapa harus ke pantai sukamade banyuwangi ?

Dahulu kala, banyak sekali penyu-penyu yang datang ke Pantai Sukamade Banyuwangi ini, mereka bertelur sangat banyak tetapi, seiring dengan berjalannya waktu kini populasi penyu yang datang ke pantai ini sedikit bahkan, ketika kita bisa melihat belasan penyu datang saja itu merupakan suatu anugrah yang patut di syukuri karena kita dapat melihat secara langsung proses ibu-ibu penyu yang sedang bertelur. Setelah ibu-ibu penyu selesai bertelur mereka akan menutupinya dengan pasir supaya nanti calon bayi tukiknya bisa hangat dan akhirnya dapat menetas jika telur-telur itu tidak di curi oleh para tangan jahil. Untuk mewaspadai pencurian maka hadirlah penangkaran penyu untuk melindungi telur penyu dan nanti di lepas kalau tukiknya sudah mandiri, rasanya tu bakal terharu banget sobat traveller.

Wisata di Banyuwangi yang mempunyai ritual pelepasan tukik ke pantai lepas memang sangat bernilai karena itu akan mengajarkan kita untuk sayang kepada binatang khususnya penyu. Selain penyu, di pantai ini masih banyak sekali satwa-satwa dan jenis tumbuhannya yang hidup dengan sejahtera di alamnya. Di sana kita bisa berinteraksi dengan hewan asalkan hewannya yang jinak, melihat dan berkeliling perkebunan kopi, vanilla, atau karet,  selfie-selfie dengan mengambil view pantai, dan melakukan suatu hal simpel seperti  piknik di bawah pohon rindang dekat pantai bersama teman/ keluarga.

Baca Juga : Traveling Menikmati Keindahan Alam Indonesia

Leave a Reply