Catatan Pengembara

Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir Supaya Rumah Kembali Seperti Semula

0

Tips membersihkan rumah pasca banjir bisa berjalan efektif ketika diterapkan pada waktu yang tepat. Ketepatan waktu akan mempermudah dalam urusan pembersihan. Setidaknya, pemilik rumah tidak akan kesulitan dalam mengangkat kotoran seperti lumpur yang sudah mengering.

kunjungi juga artikel menarik mengenai bersih rumah bandung

Waktu Yang Tepat Untuk Bebersih Rumah Pasca Banjir

Tidak hanya air saja yang masuk ke dalam rumah ketika banjir melanda. Sampah, lumpur dan kotoranpun masuk. Hal ini membuat rumah tampak sangat kumuh.

Rumah yang kumuh bisa mengundang sejumlah penyakit. Baik itu ketika masih dalam keadaan banjir atau setelah reda. Makanya, pemilik rumah perlu menyegerakan untuk melakukan pembersihan.

Salah satu bagian dari tips membersihkan rumah setelah banjir ini adalah menyegerakan untuk berberes. Anda tidak disarankan untuk menunda pekerjaan. Karena penundaan hanya akan membuat banyak kerugian.

Diantara kerugiannya jelas kesulitan dalam membersihkannya. Betapa tidak, lumpur yang masuk akan sulit dikeluarkan. Kemudian, lumpur mengering hanya akan membuat pekerjaan rumah semakin berat.

Bagi Anda yang sering terkena banjir, baiknya mengambil tindakan secepatnya. Ketika banjir dinilai telah surut, langsung bersihkan. Gunakan air sekitar untuk mendorong lumpur keluar. Tujuannya adalah mempermudah dalam hal pembersihan sisa-sisa banjir.

kunjungi juga tulisan tentang jasa bersih rumah

Tahapan Membersihkan Rumah

Bicara mengenai cara membersihkan rumah pasca banjir, Anda sebenarnya bisa lebih cepat untuk mengembalikan rumah seperti semula. Awali dengan mengeluarkan lumpur setelah volume air di dalam rumah tinggal sedikit.

Setelah itu, keluarkan semua sisa-sisa banjir di dalam rumah. Anda bisa menggunakan skop ataupun alat kebersihan lain untuk mendorongnya keluar. Pastikan semua sisa banjir hilang dari dalam rumah.

Bersihkan dinding dengan memanfaatkan cairan berklorin. Cairan ini bertugas khusus untuk membunuh bakteri maupun jamur. Penerapannya dengan menyemprotkan pada dinding. Kemudian dilap supaya jamur atau kotoran yang menempel bisa terangkat.

Sementara bagian lantainya, gunakan pembersih yang mengandung disinfektan. Penggunaannya ditujukan untuk keseluruhan lantai rumah. Bahkan sampai ke  kamar mandi dengan tujuan untuk membunuh kuman.

Jika sudah, pel lantai sampai bersih. Jangan lupa cucilah perabot rumah tangga dan seluruh komponen yang biasa digunakan di dalam rumah. Contohnya adalah keset.

Kesimpulannya, bersihkan secara menyeluruh supaya tidak ada masalah nantinya. Jangan lupa pula untuk membuka pintu dan jendela supaya cepat kering. Itulah tips membersihkan rumah pasca banjir yang bisa Anda coba.

Leave a Reply