Catatan Pengembara

Tips Membuat Lirik Lagu dengan Mudah

0
Posted in Musik By Poselver ada

Anda ingin membuat lagu sendiri namun bingung? Simak ulasan mengenai tips membuat lirik lagu dengan mudah.

Lirik lagu merupakan salah satu unsur terkuat dalam sebuah lagu. Jika bukan karena liriknya yang menyentuh, maka faktor lainnya adalah karena vokalnya yang enak didengarkan. Lirik berfungsi untuk menyampaikan pesan dalam sebuah lagu. Pesan inilah yang kerap dicari oleh pendengar, karena mereka ingin turut merasakan emosinya. Lirik sebuah download lagu dan lirik sebaiknya dibuat dengan sungguh-sungguh agar dapat menyentuh hati pendengarnya.

Tips Membuat Lirik Lagu dengan Mudah

Jika Anda berencana membuat lirik lagu, maka harus mengetahui beberapa tips dalam membuat lirik lagu dengan mudah. Berikut adalah tips untuk membuat lirik lagu, yaitu:

1. Memilih Tema Lagu

Bagaimana membuat lagu sendiri? Semua hal pasti dimulai dari membuat konsep atau tema. Begitu pula dengan sebuah lagu. Semakin baik konsep dibuat, maka lagu akan semakin bernyawa. Agar menciptakan lirik yang berbeda, berpikirlah secara out of the box. Tema yang sangat umum digunakana adalah tema percintaan. Masih banyak tema yang bisa digunakan. Jika memang Anda menginginkan tema cinta, gunakanlah sudut pandang lain.

2. Membuat Kerangka Pesan

Sebuah pesan sebaiknya disusun dengan runut. Kerangka ini akan mendukung tema yang Anda pilih. Dengan kerangka yang baik, identitas dari lagu akan semakin kuat. Apabila langkah ini dilewatkan, maka lagu cenderung monoton dan membosankan. Jika Anda masih bingung akan kerangka pesan dalam sebuah lagu, cobalah untuk memperhatikan lirik lagu yang populer.

3. Membuat Judul yang Unik

Judul lagu akan menentukan apakah lagu Anda mudah diingat atau tidak. Peran judul lagu sangatlah penting. Darimana judul lagu ditentukan? Buatlah berdasarkan kerangka yang sudah disusun. Dengan judul yang unik, maka Anda bisa menunjukkan pada public bahwa lagu Anda berbeda dari yang lainnya. Judul yang unik akan mencuri perhatian pendengar.

4. Memilih Kosakata

Dalam menulis lirik lagu, gunakan kreativitas semaksimal mungkin. Gunakan kata-kata untuk membuat lagu yang tepat sehingga mengisi kerangka pesan dengana baik. Ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk membuat lirik lagu. Salah satu yang kerap digunakan adalah menggunakan teknik mind mapping atau peta pikiran. Teknik ini sangat efektif karena mampu melatih otak untuk berpikir dalam mencari kata yang tepat. Di saat inilah Anda akan didiring untuk menunjukkan ciri khas diri Anda sebagai pembuat lagu.

5. Menggunakan Lirik Visual

Salah satu perbedaan mencolok antara pembuat lagu dalam negeri dengan luar negeri adalah lirik visual. Pembuat lirik lagu dalam negeri jarang menggunakan lirik visual dalam lagu. Hal ini menyebabkan lagu terasa kurang bernyawa atau hambar. Lirik visual merupakan salah satu penguat lagu.

Sebenarnya, apalah itu lirik visual? Lirik visual merupakan lirik yang akan membuat pendengar membayangkan lagu seperti layaknya film. Lirik visual bisa dilengkapi dengan adegan laga atau drama yang menegangkan. Salah satu contoh artis internasional yang menggunakan lirik visual sebagai senjata adalah Taylor Swift.

6. Menyempurnakan Lirik

Inilah tahan terakhir dari pembuatan lirik lagu. Dalam tahap penyempurnaan, Anda perlu merapikan susunan lirik lagu yang sudah dibuat. Meski sudah dibuat hingga akhir, belum tentu lagu sudah selesai dan siap dinyanyikan. Ambilah jeda sejenak lalu koreksi kembali lirik lagu dari awal hingga akhir.

Itulah tips untuk membuat lirik lagu. Satu hal yang perlu Anda pegang adalah prinsip bahwa sebuah lagu harus memiliki cerita. Semakin nyata cerita yang dibuat, maka lagu akan semakin menyentuh. Buatlah lagu agar dapat menyalurkan emosi, baik Anda maupun yang mendengarkan.

Leave a Reply