Catatan Pengembara

Berikut Tempat-Tempat Menyaksikan Sunrise Terbaik di Jogja

0

Wisata alam menyaksikan matahari terbit atau sunset menjadi primadona bagi wisatawan sekarang ini. Mereka rela bangun pagi-pagi buta agar bisa berjalan menuju ke tempat-tempat yang biasa dianggap sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Di Jogja pun mengalami fenomena yang sama. Banyak wisatawan yang datang ke kota ini memilih berlibur ke tempat-tempat dengan pemandangan sunrise terbaik. Wisatawan dari dalam maupun luar negeri banyak yang datang ke objek wisata seperti Puntuk Setumbu, Kaliadem, Jurang Tembelan, Kebun Buah Mangunan, dan masih banyak lagi tempat lainnya yang dianggap terbaik untuk melihat sunrise. Di artikel ini kami akan membahas secara singkat mengenai objek-objek tersebut untuk para pembaca:

Punthuk Setumbu

Lokasi pertama adalah Puthuk Setumbu. Objek wisata ini merupakan sebuah bukit yang terletak di sisi barat Candi Borobudur. Puthuk Setumbu sudah sangat terkenal sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Saat matahari masih gelap kawasan ini sudah ramai oleh mereka yang kemah di kawasan ini. Mendekati pagi, pengunjung pun bertambah ramai yang tidak hanya didominasi wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Di Puthuk Setumbu wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang berlahan muncul di ufuk timur. Cahaya matahari menyinari kabut-kabut yang ada di bawah bukit dan menciptakan warna yang  indah dan mempesona. Kabut-kabut yang mengelilingi Candi Borobudur menjadi daya tarik utama di tempat ini.

Kaliadem Merapi

Objek wisata terbaik selanjutnya untuk menlihat sunrise adalah Kaliadem Merapi. Jika ingin mencapai Kaliadem wisatawan harus menyewa jeep yang disediakan oleh para operator jeep. Hal tersebut dikarenakan kawasan ini hanya bisa diakses mengunakan mobil jenis tersebut. Wisatawan akan diantar ke Kaliadem dengan melewati jalanan yang rusakdan berbatu. Setibanya di Kaliadem wisatawan bisa menyaksikan pemandangan sunset di lereng Gunung Merapi. Pemandangannya yang luar biasanya membuat pengunjung rela membayar mahal untuk wisata satu ini. Pemandangan alam yang mempesona di kala matahari terbit adalah suguhan utama wisata ini. Setelah menikmati indahnya matahari terbit wisatawan akan diajak ke objek wisata lainnya yang ada di kawasan ini.

Kebun Buah Mangunan

Terdapat objek wisata baru di Bantul yang saat ini sangat populer sebagai tempat untuk melihat sunrise tempat tersebut adalah Kebun Buah Mangunan atau Puncak Mangunan. Wisatawan yang datang biasanya para kawula muda. Di sini wisatawan akan menyaksikan matahari yang terbit berlahan dari ufuk timur. Cahaya matahari akan menyelimuti lembah dibawah bukit dan menciptakan pemandangan yang sensasional. Saat matahari semakin tinggi dan kabut mulai menghilang  pemandangan Sungai Oya yang membelah dataran dan mengalir dengan indah tampa jelas.

Demikian objek wisata yang biasa dikunjungi para wisatawan untuk melihat matahari terbit. Tempat-tempat tersaebut bisa menjadi pilihan paket tour Jogja bagi Anda yang menyukai pemandangan matahari terbit.

Leave a Reply