Catatan Pengembara

Cara Menjadi Kreatif di Sekolah

0
Posted in Tips By Poselver ada

Kreatif memang dibutuhkan di setiap sisi hidup kita, baik muda maupun tua. Dengan kreatifitas yang tinggi akan membantu kita untuk mengingat sesuatu dalam pekerjaan dan proses belajar kita. Ada banyak cara menjadi kreatif yang bisa kita lakukan di sekolah untuk menjadi seseorang yang kreatif. Mulai dari peralatan sekolah yang kita gunakan hingga cara menggunakan peralatan sekolah yang kita gunakan sehari-hari.

Jika kita mengingat kembali masa kanak-kanak saat sekolah dasar, mungkin kita pernah diajari cara menyampul buku pelajaran menggunakan kertas yang tidak digunakan seperti Koran atau kertas kopi. Itu merupakan salah satu cara guru kita untuk menumbuhkan kreatifitas kita di sekolah sehingga anak-anak dapat terpacu untuk melakukan kreatifitas lainnya.

Tips Cara Menjadi Kreatif dengan Peralatan Sekolah

  • Tas : tas merupakan salah satu peralatan sekolah yang mungkin sering kamu gunakan, namun sayangnya banyak orang tua yang sering membeli tas di pusat perbelanjaan agar mudah dan praktis. Namun, sebenarnya di sini lah cara kamu untuk menjadi kreatif dengan cara membuat tas dari bahan bekas yang bisa kamu gunakan kembali. Misalnya membuat tas dari bahan pakaian lama yang pernah kamu gunakan dengan memilih warna-warni yang menurut kamu menarik. Sehingga kamu tidak perlu membeli tas dan dapat menghemat biaya. Di sisi lain, kamu dapat meningkatkan kreatifitas kamu dengan melakukan beberapa eksperimen pada bahan-bahan pakaian bekas kamu.
  • Buku : hal wajib yang harus kamu bawa saat sekolah adalah buku. Dibalik buku yang berwarna polos, sebenarnya kamu masih bisa melakukan hal yang kreatif loh sehingga kamu bisa menekan biaya pengeluaran untuk buku catatan sekolahmu. Hal yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan membuat buku catatan mu sendiri dari kertas HVS bekas, selain melakukan daur ulang pada kertas agar ramah lingkungan. Kamu juga dapat mendesain buku catatan sekolah kamu selau selera kreatifitas kamu sehingga kamu akan semakin semangat dalam mecatat semua pelajaran yang kamu terima di sekolah.
  • Kotak  Pensil : benda yang sama pentingnya dengan tas dan buku catatan sekolah adalah kotak pensil. Bisa kamu bayangkan apa yang akan terjadi jika kamu tidak mengemas semua alat tulis kamu ke dalam kotak pensil. Tentunya semua pena dan pensil kamu akan berantakan yang akan mengotori tas dan buku kamu. Bahkan tak jarang pena yang bocor akan mengeluarkan tinta dan mengotori buku catatan kamu. Jika ini terjadi sungguh sangat disayangkan bukan? Untungnya kamu bisa mengasah kreatifitas kamu dengan membuat kotak pensil kamu sendiri. Bahan yang dibutuhkan pun tidak begitu sulit, kamu bisa membuatnya dari bahan pakaian bekas atau kamu bisa menggunakan kotak kaleng bekas kemasan makanan. Hal ini bisa kamu tentukan sendiri seusai selera dan ketersediaan bahan. Saat ini sudah banyak orang yang membuat kotal pensil dari bahan pakaian bekas dengan jahitan sederhana, sehingga kamu dapat mencobanya di rumah.

Manfaat Menjadi Kreatif di Sekolah

Jika kamu sudah mencoba ketiga hal di atas, maka selain dapat meningkatkan kreatifitas kamu. Kamu juga dapat menghemat pengeluaran untuk perlengkapan sekolah kamu. Sehingga kamu dapat melatih kecerdasan kamu dalam hal kreatif dan mendapatkan keuntungan ekonomis karena sudah mengganti perlatan sekolah dengan bahan-bahan bekas yang ada di rumah kamu. Selamat berkreatifitas dan selamat mencoba!

Leave a Reply