Catatan Pengembara

Mengenal Vitamin C Untuk Kesehatan Jantung

0
Posted in Kesehatan By Poselver ada

Vitamin C dikenal sebagai vitamin ajaib yang mampu menangkal berbagai penyakit. Vitamin yang larut dalam air ini memiliki bentuk utama berupa asam askorbat dan termasuk antioksidan dosis tinggi yang mampu menangkal berbagai akibat dari radikal bebas.

Sayangnya, vitamin C itu memiliki karakteristik yang mudah mengalami oksidasi saat terkena cahaya, panas dan logam. Karena itu, alangkah baiknya jika ingin mendapatkan manfaat dari vitamin C secara utuh maka hindari mencampurkan berbagai bahan makanan yang mengandung vitamin C dengan panas yang bersuhu tinggi, cahaya, dan pengadukan yang menggunakan peralatan yang terbuat dari logam.

Ada banyak sekali manfaat dengan mengonsumsi vitamin C karena vitamin ini berperan penting dalam metabolisme tubuh secara keseluruhan, terutama metabolisme kolesterol yang akan dibuang dalam bentu asam empedu. Selain itu mengonsumsi vitamin C secara rutin akan dapat menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol yang tinggi, mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dan dapat memperkuat otot jantung. baca juga jual foredi di makassar

mengapa vitamin C sangat dianjurkan bagi para penderita penyakit jantung, terutama para penderita penyakit jantung koroner? Vitamin C memiliki peranan yang sangat besar dalam sintesis kolagen. Dengan bentuk kolagen yang seperti serabut kuat maka kolagen ini merupakan jaringan ikat yang sangat penting bagi pembuluh darah, kulit dan otot.

vitamin c
mengenal Vitamin C

Dengan mengonsimsi vitamin C yang cukup, kemungkinan akan terjadinya kematian akibat serangan jantung pada para penderita penyakit jantung koroner semakin kecil.

Dari beberapa penelitian yang sudah banyak dilakukan, dinyatakan bahwa kekurangan vitamin C akan membuat landasan struktur bagi pembuluh darah, otot, dan jantung menjadi lemah, Selain itu, kekurangan vitamin C jelas akan merusak susunan sel arteri yang akhirnya menyebabkan pembluluh darah terisi kolesterol hingga mengakibatkan pengapuran dan penyumbatan saluran pembuluh darah jantung. artikel terkait lainnya minyak kutus kutus di makassar

Manfaat lain dari vitamin C yang bisa kita dapatkan adalah vitamin ini berfungsi untuk meperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak akibat radikal bebas, menghambat terjadinya penuaan dini, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Baru-baru ini ditemukan pula bahwa vitamin C mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara, kanker prostat, kanker otak dan kanker paru-paru, serta memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan kolagen yang mempercepat penyembuhan luka.

Ada banyak sekali bahan makanan yang berasal dari sayur dan buah buahan yang merupakan sumber vitamin C seperti berbagai jenis jambu, nanas, sayuran segar, tomat, bahkan jeruk dan lemon.

Suplemen vitamin C pun sudah bisa kita dapatkan dengan mudah jika kita merasa bahwa asupan vitamin ini yang kita konsumsi sehari-hari terasa kurang. Namun, yang harus tetap diingat adalah bahwa sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan tetap memberikan efek samping yang tidak diharapkan.

Demikian informasi mengenai vitamin C untuk membantu kesehatan jantung lebih baik lagi, pada artikel berikutnya kami akan membahas mengenai manfaat dari vitamin D untuk kesehatan ditunggu ya..

Leave a Reply