Catatan Pengembara

Contok Teks Eksplanasi Sosial dan Budaya

0

Contoh teks eksplanasi – Bagi sebagian orang, teks eksplanasi sebenarnya adalah istilah yang tidak dikenal. Tetapi bagi sebagian orang itu akan cukup akrab dengan istilah itu. Teks eksplanasi yang sama ditemukan cukup sering dalam kurikulum 13, yang merupakan jenis kurikulum terbaru di dunia pendidikan.

Teks eksplanasi itu sendiri dipelajari di tingkat sekolah menengah di 7 mata pelajaran Indonesia. Ada banyak orang yang tertarik pada jenis teks ini karena masih relatif baru dan jarang dikenal. Selanjutnya, referensi atau sumber referensi untuk jenis teks ini masih sangat jarang.

Pada kenyataannya, jenis teks ini agak menarik untuk dibahas secara mendalam. Oleh karena itu, untuk siswa atau siswa yang sangat menyukai kegiatan menulis dan membaca, Anda harus belajar lebih banyak tentang teks ini.

Sekarang, untuk memudahkan Anda dalam mempelajari teks-teks eksplanasi pada kesempatan ini teks-teks eksplanasi akan diperiksa secara rinci bersama dengan contoh-contoh lengkap. Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda akan semakin mengerti dan dapat

Contoh Teks Eksplanasi Sosial dan Budaya

Tampaknya tidak lengkap jika kita mempelajari teori tanpa melihat contoh secara langsung. Di bawah ini, kami memberikan beberapa contoh teks eksplanasi berdasarkan bidang atau aspek tertentu dan penjelasannya.

Contoh teks penjelasan sosial (kemiskinan)

Bagian pembukaan
Kemiskinan adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak negara berkembang, termasuk Indonesia. Mendapatkan banyak orang untuk diklasifikasikan sebagai orang miskin adalah tantangan yang dihadapi bangsa ini. Kemiskinan hadir karena berbagai sebab dan faktor.

Bagian isi
Penyebab pertama munculnya kemiskinan adalah kondisi sosial yang berasal dari pendahulunya. Banyak sekali orang yang terjebak dalam kemiskinan karena faktor keturunan, yang timbul dari keluarga miskin. Meskipun kemiskinan ini dapat dibebaskan, anak-anak dalam keluarga miskin tidak melakukan banyak upaya untuk keluar dari kemiskinan. Mereka diberhentikan dan tunduk pada keadaan yang memprihatinkan mereka. Inilah yang menyebabkan pengentasan kemiskinan.

Berada dalam kondisi yang buruk membuat seseorang kehilangan banyak peluang, seperti peluang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Karena kemiskinannya, ia tidak mampu membayar uang sekolah atau membeli buku dan kebutuhan sekolah lainnya. Ini juga merupakan faktor penting mengapa kemiskinan terus mendominasi. Meskipun semua orang mengerti bahwa satu cara untuk mengurangi kemiskinan adalah dengan meningkatkan tingkat pendidikan di masyarakat.

Penyebab kedua kemiskinan adalah gaya hidup yang terlalu mahal. Awalnya, kemiskinan bukan bagian dari kehidupan seseorang. Namun, karena gaya hidupnya yang sangat sempurna, ia jatuh miskin dan bahkan tidak memiliki kapasitas untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti makanan atau tempat tinggal. Dapat dikatakan bahwa kemiskinan ini adalah buah dari tindakan seseorang.

Pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meringankan orang miskin dari kondisi yang menghambatnya. Contohnya termasuk menaikkan upah minimum untuk bekerja, memperluas lapangan kerja, menyediakan pendidikan gratis, perumahan yang terjangkau dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

Tentu saja, ini tidak dapat dicapai dengan mudah dan harus didukung oleh perilaku orang-orang dengan tidak hidup dengan cara yang sempurna, menghindari kebanggaan, menabung, dan membantu orang-orang di sekitar mereka. Karena itu, kerja sama antara masyarakat dan pemerintah sangat penting untuk mengatasi kemiskinan.

Bagian penutup
Kemiskinan harus diberantas dari Indonesia. Kita harus dapat menerima setiap keadaan tertentu dan bersyukur atas apa yang kita miliki. Kualitas buruk yang akan menimpa kita seperti yang disebutkan di atas harus dihilangkan dan kerja sama pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

Contoh teks eksplanasi budaya

Bagian pembukaan
India adalah negara yang memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi masyarakat dan kearifan budaya, India telah menjadi negara yang memiliki pengaruhnya di mata dunia. Negara dengan populasi terbesar kedua di dunia ini menawarkan budaya yang menarik. Salah satu hal yang telah disorot oleh banyak orang di negara ini adalah prosedur makan atau makan di meja yang agak unik. Mereka dengan demikian mempertahankan prosedur untuk makan agar tetap mematuhi aturan atau peraturan.

Bagian isi
India menyebarkan pengaruh budayanya melalui film-film Bollywood yang mampu membius para pecinta film. Dari film-film ini, banyak pelajaran yang bisa diambil dan juga dipelajari tentang prosedur makanan mereka. Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat makan sehingga jika Anda mengunjungi negara ini suatu hari, Anda akan memahami pengaturan meja mereka.

Sekalipun makanan disajikan di meja, jika pemiliknya tidak mengundangnya, Anda sebaiknya tidak mulai makan lebih awal. Ini menunjukkan aturan pendidikan dan menghormati tamu. Tunggu sampai pemilik rumah selesai berdoa untuk membuka jamuan. Bahkan ketika Anda selesai makan dan masih banyak orang yang belum selesai, Anda tidak diperbolehkan meninggalkan meja makan terlebih dahulu. Ini akan terlihat kasar, Anda akan meninggalkan meja makan sementara yang lain terus makan.

Biasanya akan ada kursi terpisah untuk tamu pria dan wanita. Namun, jika makan tidak terpisah, untuk Anda, tamu wanita, jangan menyentuh makanan untuk pria. Mereka sangat menghormati perbedaan gender. Jamuan makan akan disediakan oleh seorang presenter. Ambil cukup atau tidak cukup makanan saat makan berlangsung, tuan rumah akan mengundang Anda untuk menambahkan makanan dan Anda dapat menambahkan makanan sedikit demi sedikit.

Terkadang untuk jamuan sederhana di rumah, tamu menyediakan makanan dengan alas yang rindang sebagai hidangan. Jadi, Anda harus makan dengan tangan Anda. Selalu gunakan tangan kanan Anda untuk mengambil atau merusak makanan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dan jangan pernah mengambil makanan dengan tangan kiri Anda. Juga berhati-hatilah saat menyusui, jangan biarkan makanan mencemari telapak tangan Anda. Gunakan jari Anda dan makan perlahan. Dipercayai bahwa makan dengan tangan membangkitkan nafsu makan dan sebagai pengalaman indrawi untuk indera perasa Anda.

Untuk keluarga besar di India, ia sering mengadakan makan malam bersama. Piring besar disajikan dengan berbagai makanan. Seluruh keluarga duduk di sekitar piring. Menu pembuka adalah apa yang biasanya kita makan sebagai pencuci mulut seperti buah atau puding. Setelah memulai dengan doa, makan besar dimulai dengan konsumsi daging, diikuti oleh hidangan lainnya. Di sini, Anda tidak bisa memperjuangkan makanan dan selalu makan dengan tenang dan perlahan.

Bagian penutup
Banyak makanan India yang begitu menggugah selera dan merangsang nafsu makan. Fitur khas mereka adalah selalu menggunakan rempah-rempah dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan aroma dapur yang kuat dan dominan. Itulah beberapa prosedur makanan yang bisa Anda pelajari dan Anda harus berhati-hati saat menerima pesta di negara India ini.

Demikianlah pembahasan tentang teks eksplanasi semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca , Terima kasih !

Artikel terkait : rumusrumus.com

Leave a Reply