Catatan Pengembara

Pengertian teks editorial, fungsi, tujuan dan Manfaatnya

0

Kali ini pengetahuan akan mengetahui teks editorial. Adakah yang pernah bertemu sebelumnya? Jika Anda pernah menemukan teks yang isinya berbentuk opini pribadi seseorang tentang suatu masalah, maka Anda telah menemukan teks editorial. Teks editorial juga bisa disebut teks opini.

Teks editorial atau opini sangat menarik untuk didiskusikan, khususnya Anda adalah orang yang suka melihat berita di mana ada banyak pendapat seseorang tentang berita yang mereka sukai. Jadi bagi Anda yang tertarik dengan diskusi ini. Mari kita simak ulasan lengkapnya.
https://materibelajar.co.id/teks-editorial/

Pengertian teks editorial, fungsi, tujuan dan Manfaatnya

Sekarang di sini kita akan membahas secara rinci apa teks editorial itu, tujuan dan manfaatnya.

Pengertian teks editorial

Teks editorial atau opini adalah teks yang berisi opini pribadi tentang masalah / masalah nyata. Masalah-masalah ini termasuk masalah politik, sosial atau ekonomi yang memiliki hubungan signifikan dengan politik.

Ada teks editorial / opini rutin pada media seperti majalah atau surat kabar, yang pengungkapannya harus disertai dengan bukti, fakta, dan alasan logis agar pembaca atau pendengar menerimanya.

Fungsi teks editorial

Ada beberapa poin yang merupakan fungsi dari teks editorial atau opini ini.

Fungsi penerbitan umumnya menjelaskan berita dan pengaruhnya terhadap komunitas.
Isi latar belakang keterkaitan berita dengan realitas sosial dan pengaruhi faktor-faktor tersebut secara lebih mendalam.
Terkadang ada analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat terhadap kemungkinan yang mungkin terjadi.
Teruskan evaluasi moral berita.

Tujuan dari teks editorial

Ada 2 poin penting dalam tujuan teks editorial, yaitu:

Undang pembaca untuk berpartisipasi dalam memikirkan masalah (isu / masalah) yang sedang terjadi dalam kehidupan mereka.
Memberikan pandangan pembaca tentang masalah yang berkembang.
Secara tidak langsung ketika kita membaca masalah atau berita yang panas dan kemudian kita melihat seseorang mengutarakan pendapatnya, kita juga bisa memberikan pendapat baik untuk masalah itu maupun kepada orang yang mengungkapkan pendapat.

Keuntungan teks editorial

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari teks editorial ini yang memberikan informasi kepada pembaca, merangsang pemikiran dan kadang-kadang dapat mendorong pembaca untuk bertindak. Bahkan, saat ini ketika kita dapat mengakses media, terkadang kita dapat secara tidak sengaja melihat berita yang sedang hangat dibicarakan. Jika memang ada hal-hal baru yang dapat membuat kita mengambil tindakan untuk mengambil bagian dalam solusi, itu bisa sangat berguna.

Contoh teks editorial

Di bawah ini adalah contoh teks editorial yang dapat kita pelajari dengan mudah, lihat ulasannya.

Adapun gedung baru DPR, wakil rakyat harus malu dengan presiden

JAKARTA – Pidato Pembangunan gedung baru yang disertai dengan apartemen oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menimbulkan kontroversi di masyarakat. Bahkan perwakilan rakyat pun terbagi dalam menanggapi pidato gedung baru.

Direktur eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, mengaku mempertanyakan pidato Dewan Perwakilan Rakyat yang bersikeras pembangunan gedung baru, sementara Dewan Perwakilan Rakyat dinilai kurang dalam hal legislasi dan pengawasan.

Menurutnya, konsekuensi logis dari sikap para anggota DPR adalah tidak lagi memikirkan akal sehat (akal sehat) dan matinya hati nurani.

“Presiden sendiri sebagai kepala negara tidak pernah berpidato, apalagi meminta gedung atau istana baru, meskipun diketahui bahwa usia gedung negara sudah sangat tua, sedangkan DPR hampir setiap tahun mengeluh tentang meminta gedung baru dengan berbagai motif dan lagu-lagu lama dari kaset-kaset lama. Meskipun usia gedung DPR lebih muda dari Istana Negara, “kata Pangi dalam siaran persnya, Rabu (23/8/2017).

Berdasarkan survei oleh Global Corruption Barometer (GCB) dari Juli 2015 hingga Januari 2017, menetapkan badan legislatif sebagai lembaga paling korup setidaknya selama tiga tahun terakhir.

Sumber : https://materibelajar.co.id

Leave a Reply