Catatan Pengembara

Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya + Gambar

0

Organel Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah sekelompok dari sel eukariotik, sel eukariotik adalah kelompok sel yang mengandung bahan genetik (DNA) yang diselimuti atau dibungkus oleh membran. Sel tumbuhan memiliki struktur yang unik dibandingkan dengan sel eukariotik lainnya.

Perbedaan paling mendasar adalah bentuk kaku dari sel tumbuhan. Bentuk ini diperoleh dari dinding sel terluar dalam sel tumbuhan. Dinding sel terdiri dari senyawa selulosa, pektin, hemiselulosa dan lignin, yang memperkuat struktur tumbuhan.

Meskipun hewan dan tumbuhan memiliki kedua eukariota, mereka berbeda dalam karakteristik tertentu. Sebagai contoh, sel-sel tumbuhan memiliki dinding sel yang berkembang dengan baik dan vakuola besar, sedangkan organel sel hewan tidak memiliki struktur ini. Terlepas dari perbedaan struktural, ada sentriol dan filamen sedang dalam sel hewan yang tidak ditemukan dalam sel tumbuhan.

Ciri sel tumbuhan terdiri dari organel dan sitoplasma, dengan semua organel (kecuali untuk nukleus atau sel baru) dan struktur subselular dalam sitoplasma yang ditutupi oleh membran sel atau dinding sel sebagai lapisan pelindung.

Organel Sel Tumbuhan

Struktur Organel Sel

1 Nukleus (sel inti)

Nukleus

Nukleus (Inti sel) adalah organel sel yang unik dan penting karena sel terutama menyimpan kromosom (komponen genetik) dari sel-sel tertentu. Nukleus memiliki fungsi mengoordinasikan proses metabolisme, misalnya pembelahan sel, pertumbuhan sel dan sintesis protein. Inti dan isinya disebut nukleoplasma.

2. Plastida (kloroplas)

Plastida

Plastida (kloropas) adalah istilah kolektif untuk organel yang membawa pigmen. Kloroplas memiliki bentuk plastida yang sangat terkenal yang mengandung pigmen klorofil hijau.

Karena ada plastida (kloropas) yang mengandung klorofil hijau, tumbuhan dapat melakukan fotosintesis dengan adanya air, sinar matahari, dan karbon dioksida untuk mensintesis makanan itu sendiri.

3. Ribosom

Ribosom

Ribosom adalah organel sel kecil dalam bentuk butir nukleoprotein. Ribosom terdiri dari subunit besar dan kecil yang mengandung RNA dan RNAr ribosom serta protein.

Ribosom dapat dibagi menjadi dua jenis yang terdapat pada sitoplasma, yaitu ribosom terikat dan ribosom bebas. Fungsi utama ribosom adalah untuk memproduksi dan mensintesis suatu zat protein yang ada dalam sel.

4. Mitokondria

Mitokondria

Mitokondria adalah sebuah organel besar, bundar, yang berbentuk batang dan dapat ditemukan di sitoplasma sel tumbuhan. Mitokondria sangat bermanfaat untuk memecah suatu karbohidrat kompleks dan gula yang akan digunakan.

Mitokondria mengandung enzim tertentu yang berguna dan penting untuk pasokan energi sel tumbuhan. Mitokondria berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk bernafas dalam pembentukan ATP sebagai sumber energi. Mitokondria sering juga disebut sebagai pembangkit tenaga listrik pada sel tersebut.

5. Badan Golgi

Badan Golgi

Badan Golgi terdiri dari sekumpulan vesikel pipih yang mempunyai bentuk sisternae (atau berliku) atau kantung pipih. Badan golgi, yang ditemukan dalam sel tumbuhan, disebut dichosom dan biasanya terletak di dekat membran sel.

Fungsi utama badan Golgi adalah untuk mengangkut bahan kimia ke dalam dan ke luar sel setelah RE (Retikulum Endoplasma) telah mensintesis protein dan lemak. Badan Golgi berubah dan menyiapkannya untuk mengekspor dari sel.

Sumber Dikutip Dari : https://rumus.co.id

Leave a Reply