Catatan Pengembara

Tips Mengatasi Anak yang Perfeksionis

0

Tips Mengatasi Anak yang Perfeksionis

Sekilas, anak ini barangkali idaman seluruh orang tua. Baik, penurut, sampai selalu berjuang mengerjakan seluruh tugas dengan baik dan benar. kita mungkin pun akan senang, sebab si kecil sepertinya berjuang menyenangkan Anda. Tapi, anak yang perfeksionis ternyata pun punya kelemahan.

Anak yang baik pasti hendak selalu menciptakan orang tua dan gurunya bangga. Mereka juga hendak selalu disenangi teman-teman. Namun, anak yang perfeksionis malah tidak sehat. Di samping rentan stres dan gampang sakit, anak laksana ini pun akan merasakan masalah dalam pertumbuhan mental dan kemampuan sosialnya.

Agar anak dapat tumbuh dengan sehat, bahagia, dan bersikap lebih santai, berikut https://www.studybahasainggris.com/ empat (4) siasat yang bisa Anda coba:

Hindari komparasi dan tuntutan yang terlampau mengekang.

Misalnya: rekan sekolah anak tidak jarang kali mendapatkan ranking kesatu, sedangkan anak melulu di urutan ke sepuluh. Padahal, kita sudah menyaksikan mereka belajar sekeras mungkin. Jangan sampai terbit ucapan seperti: “Kok anda tidak dapat seperti dia, sih?”

Biarkan anak belajar dari kesalahannya sendiri.

Anak yang perfeksionis seringkali sangat takut melakukan salah. Selain fobia kena marah, mereka gampang merasa kecewa dan tidak percaya diri. Meskipun usahakan tidak boleh terbiasa melakukan salah, yakinkan mereka bahwa sesekali mengerjakan kesalahan tersebut wajar dan manusiawi.

Jangan berikan jadwal pekerjaan terlalu banyak.

Biarkan anak tumbuh dan berkembang selayaknya anak-anak normal lainnya. Mereka juga perlu istirahat dan bermain. Jadwal pekerjaan yang terlalu tidak sedikit rentan menciptakan mereka kelelahan. Anak yang perfeksionis bakal merasa bahwa dirinya baru sempurna sesudah menyelesaikan tidak sedikit hal dengan baik.

Jadilah misal yang baik dalam belajar dari kesalahan.

Salah satu pemahaman keliru yang sering diyakini anak yang perfeksionis merupakan: orang dewasa tidak pernah melakukan salah. Namun, ini bukan berarti kita membocorkan seluruh aib kita pada mereka. Hal ini bisa menjadi bumerang dan meminimalisir rasa hormat mereka pada Anda.

Cukup kerjakan hal sederhana. Misalnya: bila sadar sudah membuat kekeliruan pada anak, mohon maaflah pada anak. Tidak melulu menjadi orang dewasa yang berbesar hati, Anda pun sekalian mengajarkan mereka tentang kerendahan hati.

Inilah empat (4) teknik membuat anak yang perfeksionis bersikap lebih santai.

Sumber : https://www.bahasainggris.co.id/

Leave a Reply