Catatan Pengembara

Pentingnya Hiragana Saat Belajar Bahasa Jepang

0

Bagi orang awam, tulisan Jepang hanya memiliki satu saja, yaitu kanji. Yang padahal, huruf kanji merupakan tulisan cina yang diadaptasi oleh Negara Jepang sekitar 2000 tahun yang lalu. Sementara bagi mereka yang sudah belajar bahasa Jepang, pasti sudah tahu bahwa tulisan Jepang tidak hanya satu.

Tulisan Jepang memiliki 3 jenis huruf yang berbeda, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana sendiri merupakan jenis huruf yang paling pertama harus dipelajari karena sangatlah penting. Bahkan bisa dibilang menjadi akar dari jenis huruf yang ada.

Belajar Bahasa Jepang

Hal ini karena hiragana memiliki banyak fungsi. Selain digunakan untuk menulis kata-kata asli yang terdapat dalam bahasa Jepang, juga bisa digunakan untuk menulis cara baca kanji, yang dimana disebut sebagai furigana.

Kenapa anda harus belajar hiragana semenjak awal pelajaran bahasa Jepang?

Hal ini karena hiragana termasuk aksara fonetik, yaitu sebuah alphabet untuk membantu anda memahami apa yang anda dengarkan. Meskipun bahasa Jepang juga memiliki naskan yang diromanisasi yang disebut sebagai romaji, tetapi mereka tidak lazim menggunakan aksara roman tersebut sehari-hari, melainkan menggunakan huruf hiragana.

Tulisan Jepang pada dasarnya terdiri dari 3 jenis huruf, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Sehingga jangan kaget jika anda melihat sebuah artikel yang memuat ketiga huruf tersebut secara bersamaan, karena mereka memiliki fungsi masing-masing.

Untuk mempelajari hiragana dan cara tulisannya, anda bisa mengunjungi website Weihome Gakuen. Akses saja ruang kelasnya, dan pilih materi yang ingin anda pelajari.

Tetapi untuk awalan, sangat disarankan mempelajari tulisan hiragana, alih-alih terus menerus menggunakan aksara roman seperti layaknya bahasa Indonesia. Meskipun sangat sulit untuk dipelajari, tetapi tetap harus dilakukan. Toh, hiragana tidak sesulit kanji dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengingatnya. Maksimal anda akan menguasainya dalam kurang dari 1 bulan jika serius dalam mempelajarinya.

Ditambah lagi, huruf hiragana cenderung lebih banyak digunakan dibandingkan dengan tulisan katakana, karena orang Jepang sendiri tidak terlalu suka menggunakan ejaan bahasa asing yang dominannya menggunakan tulisan katakana. Dengan kata lain, huruf hiragana harus anda pelajari sedini mungkin. Lebih cepat lebih baik. Akan lebih baik lagi jika anda langsung memulai menghafal hiragana tepat setelah anda memulai belajar bahasa Jepang.

Leave a Reply