Catatan Pengembara

Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Wajib Dikunjungi

0
Posted in Wisata By Poselver ada

Kabupaten Wonogiri berlokasi di Provinsi Jawa Tengah dekat dengan Kota Solo. Berada di daerah selatan, yang dekat dengan kawasan pesisir pantai membuat Wonogiri menjadi destinasi wisata pilihan. Tempat wisata di wonogiri tidak hanya berupa pantai, terdapat beragam destinasi wisata dengan tema alam, sejarah budaya, dan wisata edukasi.

Mungkin bagi kebanyakan wisatawan daerah Wonogiri belum terkenal. Namun siapa sangka destinasi wisata di Wonogiri tak kalah menariknya dengan kota wisata lainnya. Wisatawan yang ingin memiliki serta menjelajahi tempat baru wajib memasukkan Wonogiri ke dalam tujuan wisata. Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui destinasi wisata yang menarik di Wonogiri.

1. Waduk Gajah Mungkur

Wisata waduk Gajah Mungkur merupakan destinasi utama di Wonogiri. Di Waduk Gajah Mungkur pengunjung akan disuguhkan pemandangan waduk yang cukup luas. Saat memasuki kawasan rekreasi Waduk Gajah Mungkur, wisatawan yang datang akan disambut patung Bedol Desa.

Di kawasan ini, pengunjung dapat melakukan rekreasi dengan menyewa perahu motor untuk mengelilingi waduk. Selain itu bagi wisatawan dengan hobi memancing, waduk Gajah Mungkur merupakan tujuan wisata yang tepat dengan keragaman ikan air tawar di dalamnya

2. Pantai Nampu

Sebagai kawasan di pesisir selatan, Wonogiri memiliki wisata pantai yang cukup menarik. Salah satunya pantai Nampu. Tempat wisata di wonogiri ini hadir dengan pasir putih yang dimilikinya dan menawarkan keindahan alam yang masih terjaga pesonanya.

Untuk menuju lokasi wisata pantai ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari kota Wonogiri. Terdapat tiga kawasan titik pantai di lokasi ini yang dipisahkan oleh gundukan daratan.

3. Air Terjun Girimanik

Berlokasi di desa Setren, Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, tempat wisata ini memiliki panorama indah dengan tiga titik air terjun. Ketiga titik air terjun ini memiliki nama, yaitu Air Terjun Manikmoyo, Condromoyo, serta Tejomoyo. Dari ketiga air terjun tersebut, air terjun Manikmoyo adalah yang tertinggi dengan tinggi 70 meter.

Berjarak sekitar 35 kilometer dari kota wonogiri, air terjun ini tepat berada di sebelah selatan Gunung Lawu. Pengunjung dapat mengambil rute perjalanan yang cukup mudah untuk menuju lokasi wisata ini. Dari wonogiri mengambil arah timur ke arah Ponorogo. Kemudian ke arah utara menuju Slogohimo.

4. Museum Karst Dunia

Ingin mengetahui gambaran zaman megalitikum atau zaman purba disinilah tempatnya. Berada di Gebangharjo, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri museum Karst menyuguhkan wisata edukasi pra sejarah di dalamnya. Pihak pengelola museum Karst memberikan sentuhan berupa gambaran yang sedemikian rupa menggambarkan kehidupan prasejarah.

Di museum Karst ini, pengunjung dapat melihat keunikan bebatuan yang menjadi ikon di museum ini. Selain menikmati keindahannya, pengunjung juga dapat membeli souvenir bebatuan yang menarik untuk dibawa pulang.

5. Goa Putri Kencono

Destinasi wisata di wonogiri yang satu ini berada di desa Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri. Keindahan yang dapat membuat takjub adalah padu-padan dari stalaktit dan stalakmit di dalam Goa Putri Kencono. Dengan memiliki luas goa keseluruhan mencapai 1000 meter, pengunjung dapat leluasa menikmati setiap jengkal keindahan Goa Putri Kencono.

Nah itulah beberapa destinasi tempat wisata di wonogiri yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Walaupun masih jauh dari kata ramai, keindahan serta pesonanya tidak kalah menawan dengan objek wisata di kota lainnya. Kawasan wisata yang masih sepi pengunjung ini akan membuat wisatawan merasakan pengalaman baru dan menyenangkan tentunya.

Leave a Reply