Catatan Pengembara

Minum Air Daun Putri Malu Bisa Obati Penyakit Ini

0

Siapa yang tak tahu daun putri malu, yang ketika daunnya disentuh maka akan menguncup. Sehingga tak heran jika tanaman ini dianggap sebagai salah satu tanaman yang memiliki ciri khusus dan cukup unik.

Namun tak hanya unik tanaman yang biasa ditemukan di Asia ini memiliki segudang manfaat loh. Termasuk ke dalam kelompok taksonomi Magnoliopsida, berikut ini adalah manfaat dari air daun putri malu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

  1. Obat Insomnia

Ternyata tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati insomnia atau gejala sulit tidur dengan mengambil daun ini sebaganyak 5 gram lalu haluskan untuk membuatnya sebagai pasta kemudian rebus pasta ini pada air panas dan saring, nah minumlah air ini setiap malam selama 15 hingga 20 hari dan lihat hasilnya ya.

  • Obat Asma

Tanaman ini bisa dijadikan jus dan diminum dua kali sehari untuk membantu mengobati penyakit asma, coba saja!

  • Obat Diabetes

Manfaat lainnya adalah digunakan untuk mengatur kadar gula dengan meminum jus ini setiap pagi dan sore hari selama 7 hingga 10 hari. Tapi meski begitu jangan lupa untuk tetap berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu ya, sebelum menggunakan ramuan ini.

  • Obat Hipertensi

Untuk membantu mengatur tekanan darah yang tinggi ambil saja daun tanaman ini dan hancurkan dan kemudian buat menjadi jus. Lalu konsumsi sebanyak 15 ml dalam dua kali sehari.

  • Obat Sakit Perut dan Cacingan

Cacingan dan sakit perut juga bisa diobati dengan ramuan ini yakni dengan membuat pasta dari daun putri malu. Campurkan pasta ini dengan air dan madu lalu minum selama 3 hingga 4 hari dan lihat hasilnya ya.

  • Obat Batuk

Tak hanya daunnya saja namun akar dari tumbuhan ini juga bisa digunakan sebagai obat batuk loh.

Nah, terbukti kan meski malu malu tapi tumbuhan ini rupanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit nih, mau coba?

Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan berkonsultasi pada dokter jika sakit masih berlanjut ya.

Leave a Reply