Catatan Pengembara

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bisnis Wedding Organizer

0
Posted in Bisnis By Poselver ada

Wedding organizer merupakan sebuah bisnis yang berfokus pada perencanaan pernikahan yang dapat membantu pasangan untuk mewujudkan acara special tersebut. Beberapa contoh hal yang dilakukan oleh sebuah bisnis wedding organizer adalah membantu memilih pakaian untuk semua pihak, membuat dekorasi, memilih kue pernikahan, menangani fotografi dan video, dan banyak lagi.

Bisnis ini sangat cocok bagi mereka yang sangat suka berinteraksi dengan orang-orang baru. Sebagian besar aspek dalam bisnis ini adalah sisi visual, sehingga mereka yang memiliki bakat dalam bidang desain dan / atau selera yang bagus untuk pakaian bergaya dan keterampilan dalam menciptakan suasana unik di setiap ruangan akan mampu membuat bisnis ini dapat berkembang dengan lebih baik.

Target pasar

Pada umumnya, pelanggan terbaik yang dapat dimiliki oleh bisnis ini adalah mereka yang memiliki pemikiran yang fleksibel dan realistis. Terkadang, pelanggan mungkin memiliki gagasan tentang sebuah “pernikahan yang sempurna” yang tidak sesuai dengan anggaran atau lokasi mereka. Oleh karena itu, pelanggan yang realistis akan mengetahui sejauh mana anggaran mereka dan memiliki pemikiran yang cukup fleksibel untuk mendengarkan saran alternatif dari bisnis Anda.

Cara menghasilkan keuntungan

Pada tingkat paling dasar, bisnis ini menghasilkan keuntungan dari jasa perencanaan dan pelaksanaan pernikahan yang ditawarkan kepada para pelanggan tersebut. Namun, ada fleksibilitas besar dalam cara Anda menagih biaya kepada para pelanggan. Beberapa wedding organizer membebankan biaya tetap, sedangkan yang lain mungkin mengenakan biaya persentase berdasarkan keseluruhan biaya pernikahan. Atau, Anda bahkan dapat dengan mudah menagih biaya jasa yang Anda tawarkan secara per jam. Cara tambahan untuk menghasilkan keuntnungan dalam bisnis ini adalah bahwa beberapa wedding organizer juga bernegosiasi dan menerima persentase tertentu dari jumlah yang dibayarkan klien ke vendor yang berbeda (antara sepuluh dan dua puluh persen). Namun, ini secara efektif berakhir dengan membuat vendor yang berbeda lebih mahal, jadi membangun struktur biaya yang sepertinya tidak memiliki biaya tersembunyi mungkin lebih baik bagi pelanggan Anda.

Aktivitas yang biasanya dilakukan dalam sebuah bisnis wedding organizer

Setiap harinya, Anda akan melakukan beberapa kegiatan, seperti membantu pasangan menentukan anggaran yang realistis, membawa pasangan ke berbagai tempat di kota yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan membuat rencana terperinci untuk hampir setiap momen pernikahan. Anda juga harus menelepon, mengirim email, dan berkoordinasi dengan berbagai band, fotografer, katering, toko bunga, dan vendor lain yang mungkin diperlukan oleh pasangan tersebut. Ini membutuhkan banyak kontrak untuk ditanda tangani oleh pasangan, begitu banyak waktu akan habiskan untuk memandu mereka melalui poin-poin penting dari dokumen tersebut. Anda juga dapat membantu merancang dan mendistribusikan undangan pernikahan dan berfungsi sebagai semacam penghubung dan pengawas berbagai pihak selama hari pernikahan berlangsung.

Karena sifat pekerjaannya yang harus selalu berhubungan dengan banyak orang, maka memiliki latar belakang pendidikan pada bidang komunikasi dapat membantu Anda dengan koordinasi dengan berbagai pihak yang berbeda yang terkait dengan pekerjaan ini. Pengalaman sebelumnya sebagai magang atau pekerja lain yang membantu merencanakan pernikahan bisa sangat bermanfaat.

Tips menjalankan sebuah bisnis wedding organizer

Cobalah untuk mengenal berbagai vendor, manajer hotel, dan pihak lainnya yang akan bekerja sama dengan Anda sesegera mungkin untuk membuat bisnis Anda sukses. Selain itu, Anda juga dapat meminta bantuan penyedia jasa pembuatan website untuk  membuat website yang sesuai dengan tema bisnis wedding organizer Anda. Tak hanya itu, melakukan aktivitas promsi melalui media sosial, seperti Facebook. Twitter, Instagram, atau bahkan YouTube juga sangat penting agar brand bisnis wedding organizer Anda dapat dikenal secara luas oleh banyak pelanggan.

Leave a Reply