Catatan Pengembara

Inilah Kerugian Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

0

Semua orang ingin bisa segera terbebas dari masalah yang dihadapi termasuk masalah keuangan. Banyak orang yang mencari berbagai cara mulai dari mencari penghasilan tambahan hingga mengajukan kredit pada instansi keuangan. Fasilitas kredit yang disediakan oleh instansi-instansi keuangan seperti bank dan koperasi dinilai mampu membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat.

Namun tentu setiap fasilitas yang dibuat pasti memiliki aturan yang harus diikuti, begitu juga dengan fasilitas kredit. Fasilitas kredit hanya bisa didapatkan oleh masyarakat yang memenuhi persyaratan dan lolos validasi instansi terkait. Beberapa masyarakat yang tidak mendapatkan fasilitas kredit dari bank mulai beralih ke pinjaman secara online.

Kredit online saat ini mulai banyak diminati masyarakat karena dianggap sebagai salah satu solusi masalah keuangan yang cukup mudah. Namun sayangnya, fasilitas keuangan ini mulai memberikan beberapa kerugian bagi konsumennya karena proses yang berjalan. Berikut ini beberapa kerugian kredit online yang wajib diketahui.

Bunga Kredit Tinggi

Sudah menjadi rahasia umun bahwa kredit online memiliki tingkat suku bunga yang tinggi. Hingga saat ini OJK memang belum mengatur mengenai batasan bunga yang digunakan oleh kredit online. Perusahaan penyedia kredit online memberikan bunga yang tinggi sebagai salah satu bentuk antisipasi kerugian dan kompensasi karena mudahnya persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pinjaman online tersebut. Namun tentu tingginya bunga kredit online ini dinilai menjadi salah satu kerugian yang diterima konsumen.

Aplikasi Belum Terdaftar OJK

Saat ini masih banyak aplikasi kredit online yang belum terdaftar OJK. Hal ini menjadi salah satu kerugian yang cukup membebani konsumen. Jika aplikasi yang digunakan belum terdaftar di OJK, maka data pribadi yang diberikan konsumen tidak bisa terjamin keamanannya. Mengantisipasi hal ini, sangat penting untuk masyarakat untuk meneliti aplikasi yang akan digunakan sebelum memutuskan mengajukan kredit.

Denda Pembayaran

Kerugian lain dari fasilitas kredit online adalah adanya denda pembayaran yang cukup tinggi jika konsumen terlambat membayar pinjaman. Denda menjadi salah satu beban yang harus dibayar oleh konsumen selain bunga. Namun tentu kerugian ini bisa dihindari jika konsumen tertib saat membayar kredit.Itulah beberapa kerugian dari kredit online yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk menghindari kerugian-kerugian tersebut, konsumen harus ekstra teliti dalam memilih aplikasi yang akan digunakan. Karena ketelitian pemilihan fasilitas kredit bisa menentukan masa depan Anda.

Leave a Reply