Catatan Pengembara

Inilah Jenis Jaminan untuk Pinjaman Besar

0
Posted in Bisnis By Poselver ada

Saat ini penyedia jasa keuangan seperti bank dan semacamnya memiliki berbagai jenis kredit atau peminjaman uang yang ditawarkan. Salah satunya ialah jenis kredit atau peminjaman uang dengan menggunakan agunan atau jaminan. Jaminan tersebut berlaku untuk peminjaman besar maupun kecil. 

Untuk peminjaman uang dengan jumlah yang besar tentunya penjaminan sebuah barang akan sangat diperlukan. Barang yang dijaminkan tentunya harus sebanding dengan jumlah uang yang diberikan pihak bank. Berikut ini beberapa jenis jaminan atau agunan untuk pinjaman dengan jumlah besar. 

Mesin Pabrik

Mesin pabrik pastinya dimiliki oleh Anda yang memiliki pabrik dan membutuhkan modal tambahan untuk menjalankan pabrik tersebut. Anda bisa mengajukan kredit dengan jaminan mesin pabrik. Untuk jaminan mesin pabrik Anda bisa memperoleh plafon tertinggi yang rata-rata di atas Rp5 miliar. Hal tersebut tergantung seberapa besar mesin pabrik yang dijadikan jaminan. Selain itu kondisi mesin juga menjadi perhatian khusus yang harus dipersiapkan oleh pemiliknya. 

Kapal dan Pesawat

Dari namanya saja, sudah terlihat jenis jaminan yang satu ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Akan tetapi transaksi ini hanya dilakukan antara bank dan kreditur perusahaan. Pemberian jaminannya pun unik yakni dengan cara pemberian fidusia atas komponen penting pesawat seperti mesin, baling-baling dan lain sebagainya. Nilai yang bisa Anda peroleh untuk pinjam uang dengan jaminan pesawat atau kapal bisa mencapai miliaran rupiah.

Mobil dan Kendaraan Lainnya

Pada umumnya barang yang sering digunakan untuk jaminan yaitu motor atau mobil. Jika nilai kendaraan cukup tinggi, maka kredit yang bisa diperoleh juga bisa cukup tinggi. Peminjam biasanya tak perlu memberikan kunci mobil atau motor tersebut. Sebelumnya kendaraan tersebut akan diperiksa terlebih dahulu kondisi, kelengkapan surat, dan tahun produksinya. Anda tetap bisa menggunakan kendaraan untuk beraktivitas. Anda hanya wajib memberikan BPKB sebagai barang jaminan.
Itulah beberapa jenis barang yang bisa Anda gunakan sebagai jaminan pinjam uang di bank atau lembaga keuangan lainnya. Pastikan kondisi barang tersebut masih bagus dan memenuhi kriteria. Hal tersebut akan mempengaruhi nilai kredit yang bisa disetujui oleh pihak bank.

Leave a Reply