Catatan Pengembara

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kertas

0
Posted in Pertanian By Poselver ada

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kertas – Saat ini Kembang Kertas semakin banyak diminati oleh pecinta bunga karena mempunyai koleksi warna bunga yang beragam dan berbeda – beda.

Ini terjadi karena ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh ahli Botani guna mendapatkan hasil yang terbaik, salah satunya adalah melakukan cara penyerbukan Kembang Kertas hingga menghasilkan bentuk dan warna yang beragam.

Cara Penyerbukan Bunga Kertas Oleh Manusia

Langkah awal adalah siapkan tanaman Kembang Kertas dengan pilihan 2 warna yang berbeda – beda. Tutuplah Kembang Kertas pertama dengan memakai kertas minyak selama 2 hari. Selanjutnya ambil / kumpulkan serbuk sari pada Kembang Kertas kedua yang mempunyai warna berbeda dari pertama. Nah tinggal satukan serbuk sari Kembang Kertas dari bunga kedua kepada Kembang Kertas pertama.

Langkah kedua adalah berikan label pada Kembang Kertas pertama selama 1 Minggu saja untuk memudahkan bagi anda melihat hasilnya yaitu apakah sudah terjadi perubahan warna terhadap Kembang Kertas petama.

Cara Penyerbukan Bunga Kertas Oleh Bantuan Hewan

Jika ukuran Bunga Kertas besar serta beraroma menyengat maka penyerbukan Bunga Kertas dapat dilakukan melalui bantuan hewan. Namun di Indonesia, pada umumnya Bunga Kertas yang dijumpai adalah rata – rata berukuran kecil dan tak beraroma sehingga penyerbukan dengan bantuan hewan sangat jarang terjadi.

Nah berikut ini kami berikan tahapan untuk penyerbukan Bunga Kertas yang dibantu dengan Lebah.

Aroma wangi dan manis dari Bunga Kertas mampu memikat Lebah – Lebah Madu untuk datang menghampiri bunga – bunga yang sedang mekar tersebut. Aroma yang muncul rata – rata terjadi saat sedang musim bunga bermekaran yaitu di musim semi / musim panas.

Selanjutnya Lebah akan mengambil ‘nektar’ yang banyak ada / melekat dalam struktur ‘anatomi’ Bunga Kertas yang memiliki bentuk serbuk. Kemudian keadaan Lebah yang berbulu lebat semakin membantu serbuk sari Bunga Kertas terbalur dan tersebar. Nah ketika posisi memungkinkan, maka serbuk sari akan jatuh tepat di bagian putik bunga yang lainnya, maka kondisi ini akan mempermudah tahapan selanjutnya yaitu terjadinya pembuahan.

Kecendrungan keberhasilan dari penyerbukan pada Bunga Kertas dengan bantuan manusia ataupun hewan ini bergantung kepada seberapa besar jumlah serbuk sari, usia tanaman dan seberapa lama Bunga Kertas bermekaran.

Di samping tersebut di atas, banyaknya serbuk sari yang berjatuhan tepat pada putik akan mempengaruhi proses / cara penyerbukan / pembuahan yang terjadi apakah bisa cepat atau lambat. Jika jumlahnya mencukupi dan terpenuhi maka penyerbukan Bunga Kertas akan melalui tahapan yang lebih mudah.

Maka dari itu carilah tanaman Kembang Kertas yang masih dalam usia muda, kondisi segar dan sedang berbunga untuk yang pertama kalinya. Karena Kembang Kertas dengan ciri seperti ini akan cenderung mudah dalam melakukan proses penyerbukan karena sebagian syarat pertumbuhan dan perkembangan telah terpenuhi.

Demikianlah info pertanian yang dapat kami berikan tentang proses, cara dan jenis penyerbukan Bunga Kertas kepada para pembaca yang budiman, semoga saja dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply