Catatan Pengembara

Panduan dan Cara ternak kelinci

0

Panduan dan Cara ternak kelinci – Menurut ilmu peternakan Kelinci merupakan hewan peliharaan favorit yang bisa juga dijadikan sebagai hewan ternak. Pasalnya, daging kelinci juga cukup digemari untuk dijadikan hidangan seperti sate kelinci.

Selain itu, kelinci juga termasuk sebagai hewan yang gemar untuk kawin sehingga bisa memiliki banyak anak. Hal ini tentu akan membuat peternak kelinci bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Beternak kelinci bisa jadi mudah, namun kadang bisa juga membingungkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai panduan dan cara ternak kelinci, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Membuat kandang kelinci yang nyaman dan layak

Kandang berfungsi sebagai tempat tinggal untuk kelinci yang akan diternakkan, sehingga kandang untuk kelinci haruslah cukup layak dan nyaman.

Tentukan jumlah kelinci yang akan diternakkan karena hal ini akan mempengaruhi besar dan jumlah kandang yang akan dibutuhkan. Hal ini tentu harus juga mempertimbangkan ketersediaan ruang yang ada.

2. Memilih bibit kelinci yang bagus dan unggul

Secara umum ada dua jenis kelinci, yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Kedua jenis kelinci ini bisa diternakkan dengan tujuan yang berbeda. Bibit kelinci hias biasanya memiliki jenis bulu yang panjang. Sedangkan kelinci pedaging biasanya bulunya lebih pendek.

Untuk bisa mendapatkan bibit kelinci yang bagus dan unggul, pilih kelinci yang cukup aktif, bermata bersih, terhindar dari penyakit, terawat, tidak cacat, bulunya tidak kusam, serta memiliki tingkat fertilitas yang tinggi.

3. Memelihara kelinci jantan dan kelinci betina

Untuk bisa menghasilkan banyak anak kelinci, kembangkanlah kelinci jantan dan juga kelinci betina. Cara membedakan kelinci jantan dan kelinci betina juga cukup mudah.

4. Mengawinkan kelinci jantan dengan kelinci betina

Jika sudah memiliki induk kelinci jantan dan kelinci betina, langkah selanjutnya yaitu dengan mengawinkan kelinci jantan dengan kelinci betina. Kelinci merupakan hewan yang memiliki kecepatan berkembang biak cukup cepat jika dibandingkan dengan hewan mamalia lainnya.

5. Menjaga makanan kelinci

Agar bisa tumbuh dengan sehat, kelinci sebaiknya diberikan makanan yang bergizi seimbang dan bersih. Umumnya makanan untuk kelinci yaitu sayur-sayuran.

Leave a Reply