Catatan Pengembara

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

0

Menurut Kuliahpendidikan Pengertian Globalisasi adalah sistem organisasi antar negara dari sistem perdagangan eksopor Impor dan kerja sama lainnya. Nah dibawah ini adalah pengertian globalisasi menurut para ahli. antara lain sebagai berikut:

pengertian globalisasi

Pengertian Globalisasi Menurut Pendapat Ahli

Berikut ini adalah pengertian globalisasi menurut para ahli dari hasil penelitian dan pengalaman.

1. Laurence E. Rotenberg

Globalisasi mempercepat dan mengintensifkan interaksi dan integrasi antara orang, bisnis, dan pemerintah dari berbagai negara.

2. Selo Soemardjan

Globalisasi adalah proses pembentukan sistem organisasi dan komunikasi antara orang-orang di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan aturan yang sama, seperti pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, OKI

3. Informasi

Globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses di mana perbatasan dalam suatu negara menjadi semakin sempit, karena interaksi antar negara dalam hal perdagangan, gaya hidup, informasi dan bentuk interaksi semakin mudah.

4. Scholte

Globalisasi didefinisikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini, masing-masing negara mempertahankan identitasnya sendiri, tetapi menjadi semakin saling tergantung.

5. Scholte

Globalisasi juga ditafsirkan sebagai mempersempit batas antar negara, misalnya melalui hambatan impor untuk bea ekspor, valuta asing dan migrasi.

6. Scholte

Globalisasi juga dideskripsikan sebagai penyebaran hal-hal material dan imaterial di seluruh dunia. Pengalaman di satu tempat bisa menjadi pengalaman seluruh dunia.

7. Leonor Briones

Demokrasi tidak hanya di bidang perdagangan dan bisnis, tetapi juga mencakup globalisasi lembaga-lembaga demokrasi, pembangunan sosial, hak asasi manusia dan pergerakan perempuan.

8. Steger

Globalisasi adalah keadaan sosial yang ditandai oleh interaksi ekonomi dunia, politik, budaya dan lingkungan serta arus yang membuat banyak perbatasan dan perbatasan yang tersedia saat ini menjadi tidak relevan.

9. Anthony Giddens (1989)

Globalisasi adalah proses peningkatan saling ketergantungan komunitas dunia yang disebut globalisasi. Ditandai dengan kesenjangan dalam tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga (yang pernah dijajah oleh Barat dan mayoritas penduduknya hidup dari pertanian)

10. Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah jaringan global yang secara bersamaan menghubungkan komunitas yang sebelumnya tersebar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan kesatuan global.

11. Beerkens

Koneksi global antar negara bangsa dilengkapi dengan globalisasi sebagai proses di mana pengaturan sosial dasar (seperti kekuasaan, budaya, pasar, politik, hak, nilai, norma, ideologi, identitas, kewarganegaraan, solidaritas) muncul dari konteks spasial mereka (khususnya Negara) karena percepatan konsolidasi, flexibilization difusi dan perluasan arus lintas batas orang, produk, gambar dan informasi keuangan

12. Tom G. Palmer

Globalisasi sebagai “mendevaluasi atau menghapus pembatasan negara pada pertukaran lintas-batas”, menghasilkan produksi global dan sistem pertukaran yang semakin kompleks.

13. Lucian W. Pye

Globalisasi sebagai gejala penyebaran nilai-nilai dan budaya tertentu di seluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau budaya dunia).

14. Takot Fotopoulos

Globalisasi ekonomi sebagai pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, modal dan tenaga kerja telah menyebabkan globalisasi neoliberalin. “Globalisasi politik” berarti kemunculan elite transnasional dan jalan keluar dari negara bangsa. “Globalisasi budaya” adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia.

15. Joseph Stiglitz

Globalisasi adalah integrasi yang lebih dekat antara negara-negara dan populasi dunia … karena pengurangan besar dalam biaya transportasi dan komunikasi dan mengatasi hambatan buatan terhadap pergerakan barang, jasa, modal, pengetahuan, dan manusia lintas perbatasan.

16. Thomas L. Friedman

Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi: dimensi teknologi adalah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang menyatukan dunia.

17. Kamus Merriam Webster

Globalisasi adalah perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi, ditandai terutama oleh perdagangan bebas, aliran modal bebas dan pasar tenaga kerja asing yang lebih murah dan mendesak.

18. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi adalah proses yang mencakup sebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

19. Malcom Waters

Globalisasi adalah proses sosial yang menyebabkan kendala geografis pada kondisi sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Globalisasi menurut para ahli seperti referensi yang ada di Kuliahpedidikan.com semoga dapat berguna dan bermanfaat unttik teman teman sekalian. Terima Kasih.

Leave a Reply