Catatan Pengembara

Pengertian Dakwah dan Macam-Macam Dakwah

0
Posted in Agama By Poselver ada

Dilansir dari majalahpendidikan.com Khotbah: definisi, spesifikasi dan contoh khotbah | Dakwah (bahasa Arab: da’wah; artinya “permintaan”) adalah gerakan yang mengajak, mengajak, dan mengajak orang untuk percaya dan mematuhi Allah sesuai dengan aturan, aturan, dan moral Islam. Kata da’wah adalah masdar (kata benda) dari kata kerja da’a yad’u yang berarti panggilan, panggilan atau panggilan.

Definisi Dakwah

Etologi adalah panggilan atau panggilan kepada umat manusia untuk melakukan perbuatan baik dan mengikuti pedoman dan hadis Alquran. Untuk meminta kebaikan dan untuk melarang perbuatan jahat yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya sehingga umat manusia dapat menemukan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Menimbang bahwa pengetahuan adalah suatu bentuk pengetahuan yang menyediakan cara dan sarana untuk menarik perhatian orang lain untuk mengikuti, mengikuti, menyetujui atau bertindak berdasarkan ideologi, agama, pendapat atau kesepakatan tertentu.

Definisi Khotbah oleh para ahli

  1. Menurut A. Hasymy
    Khotbah Islam adalah konsep yang sempurna karena mengandung semua pengetahuan yang dibutuhkan orang, sehingga mereka dapat melihat akhir kehidupan dan memahami rahasia kehidupan.
  2. Dr. Hamzah Ya’qub
    Khotbah adalah: mengundang umat manusia dengan kebijaksanaan untuk mengikuti tuntunan Allah dan Rasul-Nya.
  3. Arifin M.Ed
    Dakwah adalah tindakan undangan untuk niat baik dalam bentuk tindakan verbal, tertulis dan lainnya yang dirancang secara sengaja dan sengaja untuk memengaruhi orang lain baik secara individu maupun sebagai kelompok untuk menciptakan rasa, kesadaran, sikap, dan praktik mengajar sebagai pesan di dalamnya. diberikan kepadanya tanpa unsur paksaan.
  4. Beri nama Syukir
    Khotbah dapat didefinisikan dari kedua sisi atau sudut pandang, yang merupakan definisi dakwah sebagai pedoman dan definisi dakwah sebagai sarana eksploitasi. Definisi misionaris terpimpin adalah upaya untuk mempertahankan, melestarikan dan menyempurnakan moralitas manusia sehingga manusia akan terus percaya kepada Tuhan dan Rasul-Nya, menerapkan hukum-Nya, sehingga mereka dapat hidup bahagia selamanya. Menimbang bahwa definisi propaganda dakwah adalah upaya untuk mengundang orang-orang yang tidak percaya kepada Allah untuk mematuhi hukum Islam untuk hidup bahagia dan damai di dunia dan di akhirat.
  5. Drs. Endang Saefudin Anshori, M.A
    Dakwah adalah ekspresi, terjemahan dan implementasi Islam dalam kehidupan dan kehidupan manusia, termasuk pendidikan, politik, keluarga dan komunitas.

Macam – Macam Dakwah

Khotbah Fardiah
Ini adalah metode khotbah yang dilakukan seseorang kepada orang lain (seseorang) atau sejumlah kecil orang. Biasanya khotbah wajib dilakukan tanpa persiapan dan perintah.
Amwah Dakwah
Khotbah Ammah adalah jenis khotbah yang dilakukan oleh seseorang dengan komunikasi lisan yang diarahkan kepada publik untuk mempengaruhi orang lain.

Khotbah Bill-Oral
Khotbah lisan tentang RUU adalah pesan langsung yang disampaikan dalam bentuk lisan sehingga ada interaksi antara pengkhotbah dan orang yang mendengarkannya. Dengan khotbah lisan atau langsung, seseorang dapat segera mendengar dan memahami apa yang dikatakan pengkhotbah, jika ada hal-hal yang belum dipahami, maka orang itu dapat langsung mengajukan pertanyaan untuk kejelasan dan pemahaman yang lebih besar.

Khotbah Bil-Haal
Khotbah RUU al-Hal adalah khotbah yang menekankan tindakan nyata. Khotbah jenis ini bertujuan tidak hanya untuk membuat publik memahami makna pesan, tetapi juga untuk menerapkan berbagai tindakan yang dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, orang yang mendengarkan khotbah tidak hanya memahami kebaikan dan kejahatan, tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai baik dan menjauhkan nilai-nilai kehidupan sehari-hari.

Pengkhotbah
Memasuki era global seperti sekarang ini, khotbah at-Tadwin (melalui tulisan) baik-baik saja dengan menerbitkan buku, buku, majalah, internet, surat kabar dan tulisan yang mengandung pesan khotbah yang sangat penting dan efektif.
Keuntungan lain dari pemberitaan model ini adalah bahwa itu tidak dimusnahkan bahkan jika penulis atau penulis sudah mati. Mengacu pada khotbah dari bit-Tadwim ini, Rasulullah (saw) mengatakan: “Sungguh tinta para ulama lebih baik dari pada darah para martir”.

Sumber : gurusekolah.co.id

Leave a Reply