Catatan Pengembara

Hubungan Teknologi AR (Augmented Reality) Dengan Ekonomi Digital

0

Hubungan teknologi Augmented Reality dengan perekonomian sekarang yang sudah merambah dunia digital sangatlah erat dan berpotensi berkembang dengan baik serta rapid. Keduanya berbanding lurus dengan semakin pesatnya kemajuan internet sekarang maupun masa mendatang.

Sekilas Tentang Teknologi AR (Augmented Reality)

ekonomi digital

AR atau Augmented Reality mungkin sedikit asing jika diperdengarkan pada khalayak umum. Namun akan menjadi familiar jika disebutkan contoh alat dalam bidang tertentu yang menggunakannya. Sedikit banyak kita sudah menggunakan teknologi ini, seperti pada game atau simulasi bencana alam bahkan ada yang sudah menggunakannya dalam menampilkan keadaan mendekati sebenarnya pada ramalan cuaca suatu daerah.

Gambaran nyata yang divisualisasikan oleh hal maya secara indah dan canggih. Dengan Augmented Reality, gambaran benda-benda maya baik dua dimensi atau tiga dimensi lahir menjadi benda nyata yang mampu mendeskripsikan atau membentuk sesuai kebutuhan pada bidang tersebut. 

Hal lain yang berkaitan erat dengan Augmented reality saat ini adalah adanya ekonomi digital. Era revolusi 4.0 menjadikan ekonomi digital penting dalam berbagai hal termasuk di antaranya adalah e-commerce. E-commerce atau perdagangan secara daring yang menjadi salah satu pemicu perkembangan pesat dari perekonomian digital di seluruh negara di dunia. Di dalamnya terdapat pengaplikasian augmented reality yang dapat membantu banyak untuk menerjemahkan atau membuat atau memperbaiki dengan sempurna. Hal ini dikarenakan adanya gambaran maya yang dihasilkan teknologi AR tersebut.

Hubungan Teknologi AR dengan Ekonomi Digital

Keduanya berhubungan erat dalam proses produksi, pemasaran maupun perawatan atau perbaikan sebuah produk, bergantung pada kebutuhan produk tersebut. Dan produk ini akan beredar luas sebagai barang ekonomi yang juga termasuk dalam peredaran ekonomi digital. Bagaimana tidak, hampir semua lini dari sebuah produk untuk revolusi industri 4.0 menggunakan teknologi AR. AR akan memberikan gambaran atas apa yang tidak bisa dilakukan mesin lain di era ekonomi sebelum kemajuan digital ada.

Semua serba manual, dahulu. Sekarang orang bisa mengakses dengan lengkap produksi ekonomi atau yang berkaitan dengan pemeliharaannya dengan teknologi augmented reality. Bahkan prediksi tentang perekonomian pun bisa dijelaskan secara rasional dengan teknologi maya, augmented reality, ini.

Konsumen, terutama para konsumen digital dapat melihat langsung dari gambaran yang diberikan dengan teknologi AR ini sehingga para konsumen digital tidak akan mengalami kerugian dalam perekonomian digital ini. Produsen pun juga seharusnya menggunakan teknologi AR ini sebaik-baiknya untuk menjamin kepuasan konsumen terutama konsumen digital. Jadi, hubungan teknologi AR dengan ekonomi yang sedang marak saat ini adalah simbiosis mutualisme untuk produsen atau konsumen, jika diterapkan dengan semestinya.

Manfaat Pemakaian Teknologi Augmented Reality Terhadap Ekonomi Digital

Era digital adalah era cepat untuk sesuatu berkembang terutama yang berhubungan dengan teknologi. Hal ini sangat bermanfaat bagi konsumen maupun produsen dalam perekonomian digital ini. Salah satu manfaatnya adalah:

  • Konsumen Tidak Merasa Tertipu

Augmented reality membantu konsumen untuk mengetahui detail gambaran dari barang yang akan dibeli. Gambaran produk itu akan diproyeksikan dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi oleh produsen hal ini juga bermanfaat sebagai promosi produk kepada konsumen.

  • Tingkat Kepuasan Pelanggan Meningkat

Konsumen yang mendapatkan pelayanan maksimal akan memperoleh kepuasan yang tinggi baik dari produk yang dibeli maupun produsen tersebut. Sebagai akibatnya, konsumen tersebut akan menjadipelanggan setia produsen tersebut.

  • Profit Produsen Bertambah

Perlu diketahui bahwa profit perusahaan bergantung pada kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas maka pelanggan tersebut akan bercerita kepada orang lain dan ini akan meningkatkan penjualan yang berakibat pada profit perusahaan.

Leave a Reply