Catatan Pengembara

7 Event Budaya Tahunan Di Singapura

0

Singapura merupakan negara kecil yang merupakan salah satu pusat perdagangan dunia sekaligus salah satu tujuan wisata bagi turis mancanegara. Negara yang terletak di ujung semenanjung melayu ini memiliki penduduk sekitar 5,6 juta jiwa. Penduduk Singapura sangat beragam dengan 3 etnis utama yaitu Chinese, Melayu, dan India.

Keberagaman etnis di Singapura juga melahirkan berbagai macam budaya yang unik dan menarik. Keberagaman budaya tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Singapura. Keberagaman budaya tersebut semakin ditonjolkan di Singapura diantaranya melalui berbagai macam festival budaya tahunan yang diselenggarakan secara rutin.

Festival budaya di Singapura selalu digelar secara rutin menyesuaikan jadwal perayaan festival tersebut. Dengan banyaknya budaya yang ada, bisa dikatakan bahwa festival budaya di Singapura hampir diselenggarakan sepanjang tahun. Beberapa agen wisata biasanya memberikan paket wisata luar negeri dengan jadwal yang bertepatan dengan jadwal penyelenggaraan beberapa festival di Singapura.

Berikut beberapa festival tahunan yang rutin digelar:

Festival Pongal

Festival Pongal merupakan festival penghormatan untuk dewa Wisnu dalam kepercayaan Hindu. Etnis India di Singapura biasanya melaksanakan festival ini di kawasan Little India selama pertengahan Januari tepatnya antara tanggal 15 hingga 18 Januari. Selama festival, biasanya warga sekitar akan memberikan puding beras kepada para pengunjung.

Parade Chingay

Parade Chingay merupakan salah satu event tahunan yang diadakan di Singapura. Parade ini dilaksanakan untuk memperingati Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Awalnya parade ini hanya dilakukan oleh etnis China, namun etnis lainnya juga ikut serta menyemarakkan perayaan parade Chingay. Hal tersebut membuat parade ini menjadi salah satu atraksi yang menarik banyak wisatawan mancanegara untuk datang dan menikmati parade ini.

Festival Sungai Hongbao

Festival sungai Hongbao merupakan festival untuk merayakan tahun baru Imlek, sama seperti Parade Chingay. Perbedaannya adalah lokasi diadakannya festival ini, dimana sesuai namanya, festival sungai Hongbao dirayakan di area sekitar sungai Hongbao. Biasanya di sepanjang sungai akan ada banyak stand yang menjual berbagai makanan khas China lengkap dengan pernak-pernik China. Selain itu, di sungai Hongbao akan diadakan pertunjukan lampion.

Singapore Night Festival

Singapore Night Festival merupakan suatu event tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Agustus. Acara ini diselenggarakan setiap akhir pekan selama dua minggu di daerah Bras Basah dan Bugis. Selama festival berlangsung, jalanan tertutup untuk kendaraan dan pengunjung bisa menikmati festival dengan berjalan kaki. Festival ini menampilkan berbagai macam pertunjukan musik dan tari serta pertunjukan lampu dan cahaya yang interaktif.

Bazar Ramadhan

Bazar Ramadhan merupakan kegiatan tahunan bagi warga muslim di Singapura selama bulan ramadhan. Meskipun mayoritas penduduk Singapura bukan beragama Islam, namun festival ini tetap dianggap sebagai salah satu festival yang menarik di Singapura. Bazar ini umumnya dipusatkan di wilayah Kampong Glam dan Geylang Serai sepanjang bulan Ramadhan. Ada berbagai banyak jenis makanan yang dijual dan berbagai hiasan khas Ramadhan di sepanjang area bazar.

Perayaan Natal di Singapura

Natal di Singapura biasanya dirayakan dengan hiasan dan berbagai ornamen natal di sepanjang area Orchard Road. Kawasan Orchard Road disulap menjadi lokasi yang indah dengan pohon natal besar yang dihiasi dengan pernak-pernik natal. Selain itu, sepanjang jalan dihiasi dengan pepohonan dengan balutan lampu yang indah.

Perayaan Pergantian Tahun di Marina Bay

Perayaan Pergantian Tahun di Singapura umumnya dipusatkan di Marina Bay. Dalam perayaan tahun baru tersebut, berbagai acara diadakan mulai dari konser musik hingga pesta kembang api. Selain itu juga terdapat berbagai jenis hiburan lainnya sepanjang malam selama pergantian tahun baru.

Leave a Reply