Catatan Pengembara

Unsur Unsur Artikel Yang Perlu Diketahui

0
Posted in Blogger By Poselver ada

Dalam sebuah artikel tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui sehingga artikel akan menjadi berkualitas, seperti unsur unsur yang ada pada artikel. Unsur tersebut akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya karena artikel akan terlihat berstruktur. Artikel yang berstruktur tentunya akan terlihat lebih enak dibaca. Untuk itu ketahuilah beberapa unsur unsur artikel berikut ini:

1. Judul

Unsur dari artikel yang pertama dan paling penting karena mampu menarik pembaca adalah judul artikel. Judul yang dibuat harus padat, jelas dan tentunya harus menarik, selain itu judul harus mampu mewakili artikel. Maksud dari mewakili artikel adalah judul harus membuat pembaca setidaknya tahu artikel apa yang akan dibaca.

2. Nama Penulis

Sebuah artikel yang baik tentunya akan banyak diakui oleh orang untuk itu tuliskan nama penulis di bawah judul artikel. Hal itu tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk penulis jika nanti artikelnya banyak disukai pembaca.

3. Kata Kunci

Unsur unsur artikel yang terpenuhi khususnya pada sebuah website tentunya akan sangat membantu membuat artikel terdeteksi oleh google. Di mana unsur terpenting ini adalah keyword atau biasa disebut kata kunci. Penempatan kata kunci haruslah juga berstruktur yaitu di judul, pembukaan, isi artikel serta penutup. Kata kunci berupa kalimat yang dijadikan pokok kunci sebuah artikel. Sehingga saat ada yang mencari di pencarian google artikel akan langsung muncul.

4. Pendahuluan

Lalu berikutnya ada pendahuluan, untuk bagian ini sebisa mungkin dibuat padat dan jangan terlalu panjang. Cukup satu paragraf dengan jumlah 3 hingga 5 kalimat atau 2 paragraf dengan jumlah kalimat lebih diperkecil lagi.

5. Pembahasan

Berikutnya ada pembahasan atau isi dari artikel yang tentu saja akan menjadi tujuan utama seorang pembaca membaca artikel tersebut. Janganlah membuat pembahasan yang melebar dari kata kunci dan judul. Pembahasan harus sesuai dan usahakan jangan bertele-tele.

6. Kesimpulan Dan Saran

Ada juga selanjutnya adalah kesimpulan dan saran, di mana bagian ini akan membantu pembaca menarik maksud dari isi pembahasan artikel. Tentunya kesimpulan dan saran harus dibuat jelas dan tidak perlu bertele-tele. Selain itu letakan kesimpulan dan saran pada penutup sebuah artikel.

7. Daftar Rujukan

Seorang penulis yang baik tentu saja yang jujur dan selalu memberikan daftar rujukan dari artikel yang ditulis. Jadi bila ada isi artikel yang bukan hasil tulisan sendiri haruslah dituliskan daftar rujukannya. Jangan sampai akan muncul tuduhan penjiplakan atau peniruan.

Nah itulah penjelasan mengenai unsur unsur artikel secara lengkap dan jelas yang dapat dijadikan referensi. Membuat artikel memanglah tidak mudah jika merasa kesulitan untuk memahami dan membuat artikel ada baiknya menggunakan Jasa Penulis Artikel saja.

Leave a Reply