Catatan Pengembara

5 Tempat Wisata Menarik di Negeri Kincir Angin

0
Posted in Wisata By Poselver ada

Belanda merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa bagian Barat. Negara yang terkenal dengan julukan negeri kincir angin ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 17 juta jiwa dengan luas wilayah 41.873 kilometer persegi. Sistem pemerintahan Belanda adalah monarki konstitusional dengan raja sebagai kepala negara dan seorang perdana menteri yang dipilih melalui pemilu.

Secara geografis, hanya setengah dari daratan wilayah negara Belanda yang berada diatas permukaan laut. Hampir 21% dari total penduduk Belanda tinggal di daerah yang berada dibawah permukaan laut. Posisi daratan yang berada di permukaan laut tersebut membuat pemerintahan Belanda membangun tanggul-tanggul dan kincir angin untuk mencegah banjir di daratan-daratan yang posisinya berada di bawah permukaan laut.

Kondisi geografis Belanda yang sebagian wilayahnya berada dibawah permukaan laut, membuat negara ini terkenal memiliki banyak kanal dan kincir angin. Kedua hal tersebut secara tidak langsung menjadi salah satu daya tarik bagi banyak wisatawan dari berbagai negara untuk mengunjungi Belanda. Dengan tingginya minat wisatawan ke Belanda, beberapa agen wisata memasukkan Belanda sebagai salah satu negara dalam paket wisata Eropa.

Selain dikenal dengan kanal dan kincir anginnya, Belanda juga mempunyai banyak objek wisata menarik lainnya mulai dari bangunan hingga keindahan alamnya. Berikut adalah beberapa tujuan wisata yang ada di negeri kincir angin tersebut:

Desa Kinderdijk

Kinderdijk adalah sebuah desa yang terletak di provinsi Holland Selatan. Lokasi desa ini sekitar 15 kilometer sebelah timur kota Rotterdam. Desa ini merupakan salah satu tujuan wisata terkenal karena memiliki sekitar 1000 kincir angin tua yang masih berfungsi hingga sekarang. Kincir angin di Kinderdijk berfungsi sebagai salah satu alat pencegah banjir mengingat posisinya yang berada dibawah permukaan laut.

Taman Bunga Keukenhof

Keukenhof merupakan taman bunga terbesar di dunia yang ada di Belanda. Taman ini berada di kota Lise yang berada di provinsi Holland Selatan. Berdasarkan situs resminya, taman bunga Keukenhof memiliki sekitar 7 juta kuntum bunga yang ditanam setiap setahun sekali. Salah satu bunga yang ditanam di taman tersebut adalah bunga tulip. Taman ini dibuka setiap akhir Maret hingga pertengahan Mei setiap tahunnya mengikuti musim tanaman bunga yang sedang mekar.

Kepulauan West Frisian

Kepulauan West Frisian merupakan gugusan kepulauan yang membentang dari lepas pantai Belanda bagian barat laut hingga menuju ke arah Denmark. Rangkaian kepulauan ini menawarkan pemandangan pulau dan laut yang indah yang bisa dinikmati dengan bersepeda. Selain itu, wisatawan bisa menginap di berbagai cottage maupun berkemah sambil menikmati suasana alam di kepulauan West Frisian.

Kanal Amsterdam

Kota Amsterdam merupakan ibukota Belanda yang terkenal dengan julukan Venesia dari Utara. Julukan ini tidak begitu berlebihan karena kota Amsterdam memiliki banyak sekali sistem kanal yang dibangun sejak abad ke 17. Kanal-kanal di Amsterdam telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 2010 lalu. Ada banyak wisatawan dari berbagai negara tertarik untuk naik perahu mengelilingi Amsterdam melalui kanal-kanalnya yang tersebar di penjuru kota.

Bloemenmarkt

Bloemenmarkt merupakan satu-satunya pasar bunga yang terapung di dunia. Pasar ini terletak di sepanjang kanal Singel yang berada di kota Amsterdam, Belanda. Sebagai pasar bunga, Bloemenmarkt menjual berbagai jenis bunga maupun bibit bunga. Biasanya banyak pedagang menawarkan bunga tulip maupun bibitnya kepada wisatawan yang berkunjung ke pasar ini. Selain itu, Bloemenmarkt juga menjual berbagai macam souvenir khas Belanda.

Leave a Reply