Catatan Pengembara

Syarat, Cara dan Biaya Balik Nama Mobil

0
Posted in Otomotif By Poselver ada

Mengapa harus balik nama mobil? Manfaat balik nama mobil ialah mengubah jati diri pemilikan mobil yang tercantum pada STNK serta BPKB. Jika mobil belum balik nama, maka menyulitkan proses perpanjangan STNK tahunan atau 5 tahunan.

Seperti yang diketahui bersama dengan, salah satunya ketentuan perpanjang STNK ialah bawa KTP asli sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK serta BPKB. Jadi jika belum balik nama, kita harus pinjam KTP si pemilik mobil awalnya.

Dikutip dari otoaja.com, balik nama menolong pemilik mobil awalnya supaya tak perlu memikul pajak progresif yang dihitung berdasar jumlahnya kendaraan yang dipunyai. Ketentuan itu tertuang dalam ketentuan Wilayah (Perda) Nomor 2 tahun 2015 Klausal 7 ayat (1a) yang mengatakan jika dalam alamat/nama mempunyai lebih dari satu mobil dan motor, maka dikenai pajak progresif.

Ketentuan Balik Nama Mobil

Ketentuan yang perlu dipenuhi waktu balik nama mobi cukup gampang, sebab kita perlu bawa beberapa dokumen sebagi berikut:

  1. KTP pemilik kendaraan baru yang asli serta foto copy
  2. STNK asli serta foto copy
  3. BPKB asli serta foto copy
  4. Kuitansi pembelian kendaraan yang diatasi oleh penjual serta konsumen di atas materai 6.000

Tidak memerlukan KTP pemilik kendaraan awalnya, sebab telah ada kuitansi pembelian kendaraan jadi bukti jika kita jadi pemilik mobil yang resmi. Jika semua ketentuan serta dokumen di atas telah tercukupi, karena itu langkah setelah itu hadir ke kantor Samsat (Skema Administrasi Manunggal Satu Atap) dengan bawa beberapa dokumen yang telah disiapkan.

Bagaimana Langkah Balik Nama Pemilikan Mobil, berikut keterangan berikut ini:

  1. Hadir Ke Kantor Samsat dengan bawa dokumen kriteria.
  2. Proses setelah itu lakukan cek fisik kendaraan untuk lihat nomor rangka mesin apa sesuai yang tercantum pada BPKB ataulah bukan.
  3. Sesudah cek fisik kendaraan, karena itu langkah setelah itu isi formulir balik nama yang didapatkan dari loket pendaftaran.
  4. Isi semua formulir secara benar, lantas berikan ke petugas. Kemudian, kita akan memperoleh sinyal terima jika berkas sedang dalam proses.
  5. tahap selanjutnya tingal menanti sesuai dengan waktu yang dipastikan.
  6. Jika telah usai, karena itu langkah setelah itu bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan ongkos balik nama mobil.
  7. Selanjutnya kita tinggal menanti sampai proses balik nama usai serta nanti kita akan memperoleh STNK sesuai dengan nama kita.
  8. Janganlah lupa memeriksa nama yang tercantum pada STNK untuk menghindarkan salah tulis.

Saat mengatur balik nama mobil pasti ada ongkos yang perlu dikeluarkan. Semua ongkos mengatur surat balik nama akan dijamin oleh pemilik barutergantung harga mobil yang dibeli.

Berapakah Perincian Ongkos Balik Nama Mobil? Berikut elemen ongkos yang perlu dipenuhi:

1. BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Ongkos balik nama mobil di tiap wilayah pasti tidak sama. Di Jakarta sendiri, ongkos yang perlu ditanggung pada pemilik mobil second sebesar 1% dari harga beli mobil.

2. Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, serta Surat Perubahan

Berdasar PP No.60 Tahun 2016 mengenai Tipe serta Biaya PNBP Polri. Jumlahnya semua ongkos penerbitan ini seputar Rp 925.000, Telah terhitung penerbitan STNK Rp 200.000, TNKB Rp 100.000, BPKB Rp 375.000 serta surat perubahan Rp 250.000.

3. SWDKLLJ (Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lantas Lintas Jalan)

Ongkos ini adalah kebijaksanaan dari pemerintah di Indonesia. SWDKLLJ yang penting dibayar cukup dapat dijangkau yakni Rp 143.000 saja untuk kendaraan non-angkutan umum. Anda akan dikenai ongkos pendaftaran seputar Rp 75.000 – Rp 100.000.

Contoh Keseluruhan Pembayaran

Saat ini kita mengambil contoh, misalnya harga mobil second yang dibeli sejumlah Rp 100 juta. Jika diilustrasikan, jumlahnya keseluruhnya ongkos balik nama mobil ini ialah:

  • BBN-KB (1% x HB)= Rp 1000.000
  • SWDKLLJ = Rp 143.000
  • Ongkos STNK = Rp 200.000
  • Ongkos TNKB = Rp 100.000
  • Ongkos BPKB = Rp 375.000
  • Ongkos urus surat perubahan = Rp 250.000
  • Ongkos pendaftaran = Rp 100.000

Jadi dengan penghitungan di atas, keseluruhan ongkos balik nama mobil yang perlu dibayarkan = Rp 2.168.000. ini belum terhitung dengan ongkos denda.

Leave a Reply