Catatan Pengembara

Pengertian Pas Foto dan Kode Warna Background

0

Sekitar 80% industri, sekolah, ataupun barangkali kantor pemerintah, membutuhkan berkas- berkas lamaran pada saat menerima registrasi baru, yang mana di dalamnya berisi data- data pelamar. Berkas lamaran ini umumnya menyangkut bukti diri, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan lain sebagainya.

Setelah itu, di dalam berkas tersebut pula umumnya wajib dilengkapi pula dengan pas foto, yang pastinya mesti sesuai dengan pelamarnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya berencana untuk mangulas sedikit mengenai pas foto, ataupun mungkin lebih tepatnya tentang kode warna yang digunakan untuk mengganti latar belakang pas foto.

Tetapi sebelum itu, barangkali masih ada yang belum tahu, kita bahas tentang pengertian pas fotonya dahulu, ayo.

Pengertian Pas Foto

Pas foto merupakan suatu gambar diri close- up dengan dimensi tertentu serta diiringi warna latar belakang( latar belakang). Umumnya berwarna merah ataupun biru.

Seperti yang disinggung pada pembukaan tadi, pas foto ini biasa diperuntukan sebagai salah satu kelengkapan berkas dalam kebutuhan registrasi, semacam sekolah, ataupun perkejaan misalnya.

Karena banyak dibutuhkan, hingga tidak sedikit pula orang yang mau membuat pas foto ini.

Oke, untuk mengganti ukurannya bisa jadi sangat gampang, karena sudah ada ketentuannya dengan jelas. Tetapi, gimana dengan warna latar belakangnya?

Kode Warna dan Perbedaannya

Kode warna Memastikan bahwa warna background pas foto telah sesuai adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuannya, agar warna tersebut nantinya bisa sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Berikut ini adalah kode warna untuk pas foto merah dan pas foto biru:

#db1514Merah
#0b00a3Biru

Anda cukup menggunakan kode tersebut saja untuk memberikan warna background saat sedang membuat pas foto. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jelaskan, deh.

Tapi apakah kalian tahu perbedaan dan arti masing-masing warna diatas?

Saya akan sedikit jelaskan untuk kalian.

  1. Warna Pas foto merah dikhususkan untuk mereka yang lahir di tahun ganjil, seperti 1989 – 1991 – 1993 – 1995 – 2001 dan seterusnya.
  2. Pas foto biru dikhususkan untuk mereka yang lahir di tahun genap, seperti 1994 – 1996 – 1998 – 2000 dan seterusnya.

Walaupun begitu, terkadang ada saja instansi tertentu yang menetapkan satu warna background yang sama (merah/biru), tidak terpatok pada tahun kelahiran.

Nah, jika kalian masih bingung bagaimana cara mengubah background foto dengan cepat dan mudah, kalian bisa mengunjungi website Saidoen.com. Disana kalian akan diajarkan bagaimana mengubah background foto dengan mudah dan cepat, dan banyak lagi materi tentang dunia desain grafis yang bisa kalian pelajari.

Kalian bisa membaca artikel yang berjudul Mengganti Background Foto di CorelDRAW, Mudah!.

Leave a Reply