Catatan Pengembara

8 Museum Menarik yang Layak di Kunjungi di Daerah Jogja

0
Posted in Wisata By Poselver ada

Bukan suatu kesalahan untuk menjadikan kota dengan keramahan yang mempesona sebagai pilihan tujuan backpacking. Aura senyum yang memancar dari hiruk pikuk kota yang dijuluki sebagai kota Gudeg menjadi magnet yang tak terhindarkan. Selain harga murah yang ditawarkan untuk hampir semua hal, Jogja juga menyimpan banyak kisah sejarah yang pasti tidak ingin Anda lewatkan. Mereka menarik untuk dijelajahi dan akan memberi Anda pengalaman berbeda. Lebih baik lagi, cerita yang disajikan akan membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan Anda.

Backpacking memang mengasyikkan, bahkan ketika Anda pergi sendirian. Dengan jumlah uang minimum, tas punggung tergantung di punggung, dan lepaskan kaki Anda di tempat angin bertiup, harapan akan sesuatu yang baru tergantung tepat di depan mata Anda. Namun, apa jadinya jika tujuan backpacking Anda adalah museum? Seperti yang kita semua ketahui, museum bukanlah pilihan umum untuk tujuan wisata, terutama bagi para backpacker. Jangan salah, beberapa museum di Jogja memang menawarkan pengalaman baru yang tak terduga dalam backpacking. Selain koleksi unik yang dimiliki, museum dengan arsitektur klasik atau antik dapat menjadi latar belakang yang menarik untuk mengambil gambar.

1. MUSEUM FORT VREDEBURG

Museum ini terletak di jantung kota Jogja, tepatnya di kawasan nol kilometer. Museum, yang awalnya merupakan benteng selama era kolonialisme, dibangun dengan gaya arsitektur Belanda. Bangunan itu kemudian menjadi tempat menyimpan sejarah Indonesia dalam bentuk diorama yang bercerita tentang perjuangan para pahlawan dalam pertempuran melawan penjajah. Selain itu, ada juga koleksi foto, seragam, dan berbagai warisan dari kedua sisi para pahlawan dan penjajah, semuanya berjejer rapi di kamar-kamar di dalamnya.

2. MUSEUM BIOLOGI UGM

Museum Biologi Yogyakarta sangat cocok dijadikan sebagai media untuk pembelajaran, pendidikan, dan meningkatkan pengetahuan tentang flora dan fauna yang ada. Koleksinya meliputi berbagai spesies flora dan fauna yang dilindungi. Kebanyakan dari mereka adalah flora dan fauna Indonesia. Meski begitu, sejumlah koleksi yang diberikan oleh peneliti dari luar negeri juga termasuk.

3. MUSEUM BATIK

Salah satu manfaat mengunjungi Museum Batik adalah Anda akan dapat mengenali dan mengetahui lebih banyak tentang batik. Itu menyimpan banyak koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Berbagai jenis kain, motif batik, dan peralatan pembuatan batik disimpan dengan rapi. Ini pasti akan menjadi referensi yang tepat jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang batik dan sejarahnya.

4. MUSEUM SONOBUDOYO

Bisa dibilang Museum Sonobudoyo adalah terowongan waktu ke masa lalu. Memang, karena koleksi yang disimpan di museum sangat beragam dan diperoleh dari masa lalu. Ada berbagai artefak seperti patung, keramik, tembikar, senjata tradisional, keris (belati tradisional Indonesia), dan banyak lagi. Para saksi bisu sejarah masa lalu ada di sini untuk ditemukan. Meskipun beberapa hal dapat ditemukan dalam buku-buku sejarah, melihat dan menghadapinya secara langsung jelas akan membuat perbedaan. Mengunjungi Museum Sonobudoyo tentu akan menjadi pengalaman baru yang terasa lebih nyata.

5. MUSEUM AFFANDI

Affandi adalah maestro dunia seni lukis kontemporer yang sangat terkenal. Karya-karyanya, kebanyakan lukisan, dipajang rapi di galeri museum yang dulunya adalah kediamannya. Warisan yang dipamerkan meliputi tidak hanya lukisan tetapi juga warisan lain seperti mobil yang ia kendarai. Selain itu, museum ini juga memuat karya-karya lain dari keluarga dan rekan-rekannya. Bentuk bangunan yang unik dan suasana yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari museum ini, yaitu di tepi Sungai Gajah Wong.

6. MUSEUM ULLEN SENTALU

Mencari suasana museum yang sejuk, indah, dan alami? Anda bisa mampir di Museum Ullen Sentalu. Berbagai bentuk budaya Jawa, terutama yang terkait dengan keluarga kerajaan, ditampilkan di sini. Dengan arsitektur bangunan dan interiornya yang unik dikombinasikan dengan suasana alami yang teduh, Museum Ullen Sentalu mampu menawarkan suasana museum yang menyenangkan tidak seperti museum lainnya pada umumnya.

7. MUSEUM AEROSPACE

dengan nama resmi “Museum Dirgantara Mandala” , museum menyimpan sejarah layanan udara dan penerbangan di Indonesia. Ada koleksi lengkap dunia penerbangan seperti berbagai jenis pesawat, foto, lukisan, diorama bersejarah Angkatan Udara Indonesia, seragam, upeti plakat, dan banyak lainnya.

8. DR YAP MATA MUSEUM RUMAH MATA

Kebanyakan orang tidak menyangka ada sebuah museum di dalam Rumah Sakit Mata Jogja yang terkenal, dr. Rumah Sakit Mata YAP. Museum menyimpan banyak koleksi peralatan medis dari warisan dr. Yap Hong Tjoen dan dr. Yap Kie Tiong, pendiri dr. Rumah Sakit Mata YAP. Selain itu, dokumentasi sejarah dan kisah hidup dr. Yap juga tersimpan rapi di dalam museum.

Jika anda memerlukan rental mobil untuk melakukan trip museum di Jogja, anda dapat dengan mudah merental mobil di www.onejogja.com

sumber : https://jogjarentalmobil.net/paket-wisata/

Leave a Reply