Catatan Pengembara

Pengertian Gaya dan Jenis – Jenis Gaya

0

Gaya adalah salah satu besaran fisika yang berkaitan dengan kesetimbangan serta gerak benda tersebut. Gaya termasuk dalam kuantitas faktor yang dilambangkan dengna simbol force atau F, satuan yang digunakan oleh Satuan Internasional (SI) untuk gaya adalah Newton atau N.

Gaya memiliki arah serta besaran (magnitude), dan termasuk ke dalam salah satu besaran faktor yang bisa dihitung. Akar dalam secara sederhana gaya adalah tarikan atau pun dorongan yang dilakukan oleh suatu objek yang mempunyai massa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) gaya adalah dorongan atau pun tarikan yang bisa menggerakan benda tidak terikat. Bisa diartikan juga sebagai besaran yang memiliki arah serta besaran tertentu.

Dengan adanya gaya bisa menyebabkan objek yang dikenai gaya akan mengalami perubahan kecepatan, volume, posisi, berubah arah, berubah bentuk, atau bisa juga panjang.

Jenis – Jenis atau Macam – Macam Gaya

Ada beberapa macam gaya yang ada, baik itu gaya tak sentuh dan gaya sentuh. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis – jenis gaya sentuh dan gaya tidak sentuh.

1. Gaya Sentuh

Jenis gaya yang pertama adalah gaya sentuh, jenis gaya yang satu ini adalah salah satu jenis gaya yang bisa terjadi saat sumber gaya bersentuhan secara langsung dengan benda atau pun objek yang menerima gaya tersebut. Berikut ini adalah contoh dari jenis gaya sentuh, antara lain.

  • Gaya pegas, adalah jenis gaya yang berasal dari rapatan atau pun 2 (dua) renggangan benda atau bisa juga objek tertentu.
  • Gaya otot, adalah jenis gaya yang berasal dari otot hewan atau pun manusia.
  • Gaya gesek, adalah jenis gaya yang bisa terjadi karena adanya gesekan antara sumber daya dengan benda atau objek tersebut.

2. Gaya Tak Sentuh

Gaya yang satu ini adalah salah satu jenis gaya yang bisa terjadi saat sumber gaya tidak bersentuhan langsung dengan objek atau benda yang menerima gaya tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh gaya tidak sentuh, antara lain.

  • Gaya listrik, adalah gaya yang bisa ditimbulkan dari 2 (dua) benda pada muatan dalam jarak tertentu.
  • Gaya gravitasi, adalah gaya yang bisa menarik benda atau pun objek lain ke arah pusat gaya tersebut.
  • Gaya magnet, adalah gaya yang berupa dorongan atau pun tarikan dari 2 (dua) benda yang bersifat magnetik.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai gaya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Sumber artikel : www.mastekno.com

Leave a Reply