Catatan Pengembara

Desain Rumah Tahan Gempa Dengan Biaya Murah

0

Jasa Arsitek Indonesia – Ide rumah berbentuk rumah modular memang tidak asing di luar negeri. Di Indonesia, ide itu memulai didaptasi untuk wujudkan tempat tinggal yang nyaman, praktis, sehat serta irit ongkos. Implementasi ide rumah modular di tanah air diketahui dengan nama Rumah Instant Simpel Sehat (RISHA).

Buat Anda yang merencanakan beli atau bangun rumah pribadi dalam tempo dekat, berikut keterangan tentang pengertian, contoh design, kelebihan, serta kekurangan rumah tahan gempa ini yang dapat berguna buat Anda.

Ide serta Ciri-ciri Rumah RISHA

RISHA (Rumah Instant Simpel Sehat) ialah ide konstruksi rumah dari salah satunya hasil riset serta peningkatan Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Dengan simpel, ide itu dapat disimpulkan jadi rumah beton instant yang dibuat dengan tehnik bongkar-pasang (knock down), sama seperti prinsip rumah modular di beberapa negara lain. Arah penting perwujudan ide tempat tinggal unik ini ialah memfasilitasi warga golongan ekonomi menengah ke bawah untuk mempunyai tempat tinggal pribadi dengan ongkos lebih dapat dijangkau.

RISHA pembangunan perbaikan rumah instant simpel sehat

Beberapa ciri-ciri RISHA yang membedakannya dari rumah tapak konvensional, yakni:

  1. Material penyusunnya terbagi dalam dua elemen penting, yakni beton serta baut.
  2. Beton bertulang yang dipakai dibuat dari kombinasi semen, kerikil, pasir, serta beberapa bahan penyusun yang lain.
  3. Ada tiga bentuk panel yang dipakai untuk bangun rumah, yakni panel berupa balok, kolom, serta siku (untuk menutup sisi pojok). Tiap panel itu akan dilubangi supaya bisa dihubungkan keduanya dengan mur serta baut.
    Sisi lantainya memakai komponen balok loteng serta papan kayu multipleks.

Kelebihan RISHA

Bila dibanding dengan rumah tapak konvensional, rumah instant simpel sehat mempunyai beberapa keunggulan di bawah ini:

  1. Proses pembangunannya benar-benar praktis serta cepat. Satu unit rumah memiliki ukuran 3 x 3 mtr. dapat dibuat oleh 3 orang dalam tempo kira-kira 24 jam. Hingga proses pembangunan rumah direncanakan dapat usai dalam tempo 3 hari saja (dengan anggapan proses pembangunan berjalan sepanjang 8 jam /hari).
  2. Mode rumah yang minimalis hingga pas buat Anda yang tidak suka pada style arsitektur yang begitu istimewa.
  3. Harga tambah lebih dapat dijangkau dibanding rumah tapak, rumah susun, atau apartemen. Berdasar info dari eproduklitbang, proses pembangunan rumah instant type 33 cuma memerlukan ongkos kira-kira 47 juta rupiah. Harga itu pasti tambah lebih murah dibanding bangun rumah konvensional dari 0. Ongkos pembangunan sebesar 47 juta rupiah dapat tambah murah jika material bangunan divariasikan dengan bahan gypsum.
  4. Daya tahannya telah teruji sebab memperoleh merek Standard Nasional Indonesia (SNI). Kemenpupera mengklaim jika rumah instant itu telah dibuat di beberapa daerah Indonesia dengan keseluruhan beberapa ratus ribu unit.
  5. Skema konstruksinya yang simpel nyatanya tahan gempa sampai 8 rasio Richter hingga pas diletakkan di wilayah yang riskan gempa, seperti Aceh serta Nias.

Kekurangan RISHA

Walau mempunyai banyak kelebihan, rumah instant garapan Kemenpupera memiliki beberapa kekurangan yang pantas diperhitungkan, diantaranya:

  1. Ukuran rumah termasuk kecil hingga kurang pas buat keluarga besar.
  2. Proses maintenance-nya cukup susah dibanding dengan rumah konvensional sebab memerlukan material penyusun spesial (panel dengan bentuk khusus) yang belum diperjual-belikan dengan bebas.
  3. Daya tahannya pada beban termasuk rendah. Tiap mtr. persegi cuma dapat meredam beban optimal 125 kg. Itu penyebabnya Anda tidak dianjurkan memakai rumah instant simpel sehat untuk memuat banyak barang atau dihuni banyak bagian keluarga.
  4. Model rumah condong kaku sebab harus sesuai dengan ukuran serta bentuk panel-panel penyusunnya.

Leave a Reply