Catatan Pengembara

7 Tujuan Wisata Alam Di Australia

0
Posted in Wisata By Poselver ada

Bentang alam Australia sebagian besar terdiri dari gurun kering yang membentang di bagian tengah dengan hutan hujan tropis yang lebat di bagian timur laut. Sementara rangkaian pegunungan terdapat di bagian tenggara dan timur serta sebagian wilayah barat daya. Kemudian, di Pulau Tasmania bentang alamnya berupa hutan lebat dan rangkaian pegunungan di wilayah yang disebut Central Highland.

Berbagai bentang alam yang indah di Australia membuat banyak wisatawan dari mancanegara termasuk Indonesia tertarik untuk mengunjungi negara ini. Keadaan tersebut membuat banyak agen tour dan wisata memberikan paket wisata luar negeri khusus untuk Australia. Berbagai agen tour dan wisata tersebut banyak yang menawarkan fasilitas terbaik dengan harga terbaik.

Berikut adalah 7 tujuan wisata alam di Australia yang banyak diminati oleh pengunjung atau wisatawan:

Great Barrier Reef (Karang Penghalang Besar)

Karang penghalang besar atau Great Barrier Reef merupakan rangkaian terumbu karang terbesar di dunia. Rangkaian terumbu karang tersebut membentang sepanjang lebih dari 2.300 kilometer di lepas pantai timur negara bagian Queensland, Australia. Great Barrier Reef terdiri dari 2.900-an karang serta 900 pulau yang berada di area laut Coral. Terumbu karang disini menjadi rumah bagi keanekaragaman biota laut yang memiliki lebih dari 400 jenis terumbu karang serta ribuan jenis spesies hewan laut lainnya.

Hutan Hujan Gondwana

Hutan hujan Gondwana adalah hutan hujan terluas di dunia yang berada di wilayah subtropis. Area hutan hujan ini membentang sepanjang lebih dari 366.500 hektar dari wilayah Queensland hingga wilayah New South Wales. Wilayah hutan hujan Gondwana ini sangat luas dan terdiri dari beberapa taman nasional serta daerah terlindungi. Disini terdapat berbagai macam keanekaragaman hayati yang termasuk di dalamnya ada lebih dari 200 spesies hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi.

Taman Nasional Gua Naracoorte

Taman Nasional Gua Naracoorte merupakan rangkaian taman nasional di dekat kawasan wisata Pantai Limestone, Australia Selatan. Wilayah ini terkenal dengan berbagai temuan fosil dari zaman Pleistosen hingga masa awal migrasi manusia ke benua Australia. Naracoorte terkenal dengan temuan fosil megafauna yang berasal dari zaman es. Kawasan taman nasional ini membentang seluas 6,6 kilometer persegi yang terdiri dari kawasan hutan konservasi dan 28 gua dengan 4 diantaranya dibuka untuk umum.

Taman Nasional Uluru – Kata Tjuta

Taman Nasional Uluru – Kata Tjuta adalah kawasan dilindungi sekaligus taman nasional yang ada di Northern Territory, Australia. Menempati area seluas 1.326 kilometer persegi, taman nasional ini menjadi tempat bagi monolit atau batuan besar yaitu Uluru (Ayers Rock) dan Kata Tjuta (Olga). Kedua batu tersebut merupakan dua batu yang dianggap suci bagi kepercayaan masyarakat Aborigin setempat yaitu Anagu dan Pitjantjatjara.

Hutan Belantara Tasmania

Hutan Belantara Tasmania adalah kawasan hutan yang meliputi lebih dari 20% area Tasmania. Luas hutan belantara ini mencapai 15.800 kilometer persegi dan membentang di bagian tengah-barat hingga selatan pulau Tasmania. Sebagai salah satu situs warisan dunia, hutan belantara Tasmania mencakup 7 taman nasional dan 3 kawasan terlindungi di negara bagian Tasmania.

Pantai Ningaloo

Pantai Ningaloo merupakan salah satu situs warisan dunia yang berada di negara bagian Australia Barat. Di lepas pantainya terdapat rangkaian terumbu karang Ningaloo yang membentang sepanjang 260 kilometer. Pantai Ningaloo menjadi rumah bagi lebih dari 700 spesies ikan dan penyu serta menjadi jalur migrasi bagi Hiu-Paus dan berbagai jenis mamalia laut seperti lumba-lumba, dugong, dan paus bungkuk.

Budj Bim

Budj Bim adalah kawasan dilindungi yang berada di wilayah negara bagian Victoria. Kawasan ini terdiri dari taman nasional Budj Bim, Danau Condah, serta kawasan konservasi bagi suku Aborigin. Suku Aborigin di wilayah ini menempati tiga kawasan konservasi yaitu Tyrendarra IPA, Lake Condah IPA, dan Kurtonitj IPA.

Leave a Reply