Catatan Pengembara

SIM Online: Langkah Pembuatan dan Perpanjangan serta biaya.

0
Posted in Otomotif By Poselver ada

Pembuatan dan pembaruan SIM sekarang dapat dilaksanakan secara online.

sim online

SIM adalah dokumen yang menunjukkan bahwa driver memiliki kompetensi yang memenuhi syarat untuk mengemudi. Jika Anda tidak memiliki SIM Anda siap-siap ditilang sama pak polantas.

Maksud dari SIM online berarti jaringan SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) di Indonesia sudah terhubung antara SATPAS satu dengan yang lain secara online. Oleh karena itu, pemohon SIM dapat mengajukan pembuatan SIM baru dan perpanjangan pada semua Satpas yang telah online tanpa harus sesuai domisili KTP.Misal kalau dulu, Banu yang ber-KTP Pekalongan dan saat ini kerja di Bekasi, kalau mau buat SIM baru atau perpanjang SIM lama Banu harus mudik ke Pekalongan. Tapi sekarang, tidak perlu lagi. Karena adanya SIM online.


Pemohon SIM dapat mendaftar melalui situs resmi dari Korlantas Polri di https://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/. 

Inovasi ini sangat amat memudahkan pelamar SIM untuk mendaftar dan membuat SIM setiap saat.

Persyaratan Membuat SIM Online

Langkah pertama harus diambil, pemohon SIM harus terlebih dahulu mengisi formulir SIM online dengan alamat situs di atas.

Setelah menyelesaikan formulir permohonan SIM Online, pemohon kemudian akan menerima email yang isinya no. registrasi, jadwal untuk melakukan langkah pembuatan SIM selanjutnya yang harus dilakukan di SATPAS (Samsat Polres/ Gerai SIM Keliling), biaya pembuatan SIM.

Sementara itu, jika Anda ingin memperpanjang SIM secara online, sekarang dapat dilakukan. Setelah pemohon telah terdaftar melalui situs pendaftaran SIM online, pemohon tetap dikenakan biaya untuk pendaftaran online SIM.

Pembayaran dilakukan dengan melalui layanan dari Bank BRI baik itu via ATM  atau online Banking. Jumlah yang harus Anda transfer sesuai dengan yang tertera diemail yang Anda terima setelah pendaftaran online.

 Jadi berapa banyak biaya untuk mendaftarkan SIM Online baru?

Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2016, tentang jenis dan tingkat penerimaan negara bukan-pajak (PNBP) yang berlaku untuk kepolisian negara Republik Indonesia, telah menetapkan tingkat harga pembuatan dan perpanjangan SIM. Baik online ataupun offline.

Daftar TARIF PNPB untuk Biaya Pembuatan SIM Online baru:

Tarif SIM A & A Umum Rp 120.000
Biaya SIM B1 & B1 Umum Rp 120.000
Tarif SIM B2 dan B2 Umum Rp 120.000
Tarif SIM C Rp 100.000
Biaya SIM D Rp 50.000

Biaya PNPB Perpanjangan SIM Online:

SIM A&A Umum Rp 80.000
SIM B1 dan B1 Umum Rp 80.000
SIM B2 dan B2 Umum Rp 80.000
SIM C Rp 75.000
SIM D Rp 30.000

Inilah cara mudah untuk membuat dan memperpanjang SIM online. Oleh karena itu, sekarang Anda tidak memiliki masalah lagi mengurus SIM tanpa terkendala domisili KT. Semoga sukses dan Selamat Mencoba !

Leave a Reply