Catatan Pengembara

Cara Mudah Buat Story Foto atau Video di WhatsApp

0
Posted in Teknologi By Poselver ada
WhatsApp

WhatsApp saat ini merupakan aplikasi chatting dengan jumlah pengguna paling banyak di Indonesia, bahkan dunia. Aplikasi WhatsApp terhitung sejak beberapa tahun lalu resmi diakuisi menjadi milik Mark Zuckerberg yang merupakan pemegang saham terbesar dari Facebook. Selain memiliki fitur chatting yang ringan, WhatsApp juga menyediakan beberapa fitur menarik lainnya agar pengguna betah berlama-lama menggunakannya.

Beberapa fitur diantaranya, pertama ada stickers. Pernah menggunakan aplikasi chatting bernama Line? Tentu kamu tidak asing dengan fitur stickers yang dimilikinya. Pada aplikasi WhatsApp kini kamu juga sudah bisa berbagi sticker dalam ruang obrolan kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bahkan bisa menambahkan sticker kamu sendiri, bisa menggunakan foto kamu, atau pun teman-teman kamu. Seru kan?

Selanjutnya ada fitur Story atau WhatsApp menyebutnya sebagai Status. Berbeda dengan stickers yang kerap kita temukan di aplikasi Line, fitur Story mungkin sebelumnya lebih akrab digunakan pada aplikasi Snapchat. Dengan adanya fitur Story, pengguna bisa membagikan momennya dalam bentuk foto atau video dalam waktu 24 jam dan setelahnya akan menghilang. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui dan berbagi apa saja kegiatan harian dari kamu dan teman-teman dekat kamu.

Lalu, bagaimana sih cara untuk bisa membuat story WhatsApp? Gampang kok, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Pertama, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru, baik untuk hp dengan sistem operasi android atau iOS. Jika aplikasi sudah terpasang dengan benar, kamu bisa membukanya. Setelah aplikasi terbuka, maka pada bagian awal aplikasi, kamu akan melihat adanya tiga tab, yaitu Chats, Status dan Calls.

Pada tab Chats merupakan kolom yang menampilkan histori percakapan antara kamu dan kontak kamu. Sementara calls, merupakan histori panggilan masuk atau keluar di WhatsApp. Nah, untuk membuat story, kamu bisa beralih ke tab Status.

Pada tab status, kamu akan melihat adanya tombol seperti lingkaran terputus serta tombol plus atau tambah. Klik pada tombol tersebut untuk menambahkan story. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan video atau foto yang sudah tersimpan di gallery kamu sebelumnya, atau kamu juga bisa langsung membagian foto dan video melalui kamera hp kamu yang terbuka saat itu.

Batas panjang video yang bisa kamu unggah, yaitu 35 detik dan video akan dikompres terlebih dahulu oleh aplikasi WhatsApp jika dirasa video terlalu besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cara kompres video terlebih dahulu, agar nantinya video yang diupload tidak mengalami penurunan kualitas ketika diputar.

Setelah memilih foto dan video yang akan diupload, kamu juga dapat mempercantiknya dengan menambahkan tulisan atau sticker dan emoji yang telah disediakan. Disini kamu dapat mengkreasikannya sesuai dengan keinginan. Terakhir jika sudah selesai semuanya, kamu bisa menekan tombol seperti pesawat berbentuk icon segitiga untuk membagikan story.

Terkakhir, kamu juga bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat Story yang kamu bagikan. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga privasi kamu jika tidak ingin semua kontak dapat melihat story kamu. Caranya kamu bisa membuka menu Setting, lalu ke tab Status. Nah, pada menu tersebut kamu kini bisa memilih untuk membagikan story dengan siapa saja.

Leave a Reply