Catatan Pengembara

Inilah Batu Akik Permata Yang Terlangka Di Dunia

0

Spritus, atau batu akik biru di Ogan-Komering Ulu, selatan Sumatra, sekarang menjadi komoditas langka, dan harga untuk pahlawan super ukuran standar telah meningkat hingga puluhan juta rupee.”Menemukan batu sphinx berkualitas tinggi sangat sulit bahkan untuk sepuluh juta rupee,” kata Jansa, seorang master batu akik di Baturai pada hari Jumat.

Inilah Batu Akik Permata Yang Terlangka Di Dunia

Dia mengatakan bahwa batu pertama saat ini adalah satu-satunya tempat di desa Simpang Empat, kabupaten Lengkiti, sekitar 80 kilometer atau 1,5 jam perjalanan dari Baturadzhi.Selain itu, untuk mendapatkan permata biru, penggali harus menggali tidak lebih dari lima meter ke kedalaman bumi.

“Dan itu tidak harus menjadi batu berkualitas tinggi. Bahkan, sebuah batu tidak terlalu sering muncul, ”katanya.Hal yang sama berlaku untuk Herry, penggali lain yang, hingga penambang hanya menerima spora berkualitas tinggi dan batu standar.

Baca Juga :
Batu Akik Original Natural
batu ruby star termahal Asli

“Saya bersyukur untuk standar, karena harganya sekarang, karena barang langka harganya jutaan rupee,” jelasnya.Dia mengatakan bahwa, menggali tanah asal, dia menyewakannya kepada penduduk setempat dalam jumlah 300.000 hingga 500.000 rupee per meter.Harga sewa bervariasi. Ini juga termasuk 8.000 hingga 10.000 rupee. Pada suatu waktu, menggali tanah berukuran 20 x 20 meter dan kondisi di mana itu diizinkan untuk menggali hanya pada kedalaman lima meter.

“Warga tidak lagi ingin menjual tanah mereka. Sekarang ini hanya sewa, ”katanya.Dia mengatakan bahwa ketika menjual batu gali, itu berkisar dari 200.000 hingga 1.000.000 rupee per hari.Dia menemukan bahwa batu spritus jarang terjadi, jadi pengumpul batu melihat pola yang mirip dengan lavender dan badarovskie.

“Sekarang kita membutuhkan pola sapodilla atau python kulit batu akik. Kemarin saya bisa melakukan ini, dan bahkan dengan telur kepiting senilai Rs 3.000.000, banyak orang mencari motif batu ini, ”katanya.Dia juga tidak mengerti. Tetapi banyak motif menarik perhatian.“Jenis batu sprite ini mahal dan bahkan jarang. Mungkin ini salah satu konsekuensinya. Tapi dia tertarik pada pola batu akik yang memiliki nilai artistik, ”katanya.

Leave a Reply