Catatan Pengembara

Strategi Internet Marketing Terbaik Low Risk

0

Di era digital, strategi pemasaran sebuah produk atau jasa tidak hanya melalui koran atau televisi saja, melainkan sudah beralih pada pemanfaatan internet. Ya, internet memang bisa menjadi media paling ampuh untuk mempromosikan sebuah bisnis. Jika sukses melakukan promosi lewat internet, maka bisa dipastikan bahwa sebuah bisnis akan berkembang sangat pesat.

Apa Itu Internet Marketing?

Mengingat bahwa peran internet semakin terasa dalam semua aspek kehidupan, terutama dunia bisnis. Maka, para pengusaha atau pebisnis pun tidak mau ketinggalan untuk turut serta beriklan melalui internet. Nah, strategi iklan lewat internet ini disebut dengan internet marketing.

Manfaat Internet Marketing

Digital marketing tentunya banyak memberikan manfaat bagi pelaku usaha, baik untuk UMKM atau pun perusahaan besar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari strategi marketing yang satu ini:

Memberikan kemudahan akses

Internet adalah sebuah media yang bisa diakses selama 24 jam non stop. Jadi, informasi mengenai jasa atau produk yang ditawarkan kepada calon konsumen bisa disampaikan kapan saja tanpa pusing memikirkan waktu. Bahkan, di tengah malam saat tertidur pun, informasi tentang bisnis Anda tetap bisa diakses dan dibaca oleh para calon konsumen tanpa adanya hambatan.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Bukan hanya fleksibel soal waktu, strategi pemasaran ini juga sangat fleksibel perihal jarak. Setiap orang di belahan dunia mana pun bisa mengakses informasi mengenai bisnis Anda dengan menggunakan laptop atau smartphone di genggamannya. 

Oleh karena itu, bisnis tersebut bisa diketahui oleh semua orang yang pada akhirnya membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini berbeda dengan pemasaran secara tradisional yang jangkauan pasarnya cenderung lebih sempit.

Hemat Biaya Promosi

Dibandingkan dengan metode promosi secara tradisional seperti menggantung spanduk atau menyebar banner yang membutuhkan biaya cetak cukup besar, strategi iklan dengan internet jauh lebih murah dan mudah. Hampir semua pengusaha sepakat bahwa pemasaran secara digital lebih efisien jika dilihat dari segi biaya.

Selain ketiga manfaat tersebut, masih banyak manfaat lainnya yang ditawarkan oleh internet marketing. Beberapa di antaranya adalah akan meningkatkan pendapatan, menjaga posisi perusahaan dari persaingan bisnis, meningkatkan brand awareness, bisa melayani para konsumen secara real time, menampilkan bisnis yang lebih profesional, mudah terhubung ke konsumen, mampu bersaing dengan bisnis besar, mampu menjangkau pasar global, serta mempersiapkan UKM untuk memasuki era internet of things.

Secara Gratis

Setelah memiliki website, barulah kita bisa memposting tulisan atau infografis guna menarik minat pembeli. Membuat postingan kreatif di website merupakan cara promosi yang sangat luar biasa jika dioptimalkan dengan organic marketing. Contoh dari organic marketing adalah publikasi pada sosial media, penerapan teknik Jasa Backlink PBN, dll.

Berbayar Lebih Berpengaruh

Konsep paid marketing juga bisa diterapkan dengan pemilihan media periklanan digital. Mulai dari pemanfaatan media sosial seperti Facebook Ads, hingga penggunaan mesin pencari seperti Google AdWords. Selain itu, paid marketing juga bisa dilakukan dengan melakukan analisis pasar untuk menentukan performa iklan yang ditampilkan agar bisa mencapai target pasar yang sesuai. Bisa juga dilakukan dengan membuat iklan menarik yang menautkan post marketplace atau website dan melakukan publikasi iklan.

Nah, itulah serba-serbi internet marketing sebagai strategi promosi paling jitu di era digital seperti sekarang. Jika Anda memiliki atau sedang mengembangkan sebuah bisnis, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan konsep pemasaran internet yang sudah terbukti sangat ampuh ini. Hal ini mengingat bahwa kini semakin besar minat masyarakat Indonesia untuk belanja secara online. Sehingga, produk atau jasa yang dijual secara online pasti akan laku keras jika diterapkan strategi promosi yang tepat.




Leave a Reply