Catatan Pengembara

Tanggal-tanggal penting untuk para pramuka

0

Ada tiga hari penting yang bersangkutan dengan para pramuka, yaitu yang pertama pada tanggal 9 Maret (Hari Tunas), kedua 20 Mei (Hari Bangkit Gerakan Pramuka), dan ketiga 14 Agustus (Hari Tumbuh)

Pada tanggal 9 Maret 1961 Presiden Republik Indonesia, Soekarno, menghimbau kepada pimpinan organisasi kepanduan di Indonesia agar mau bergabung dalam organisasi tunggal, yaitu Gerakan Pramuka.

Sebagai tindak lanjut, Bung Karno membentuk Panitia 4 yang terdiri dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Menteri PD & K (Pendidikan Dasar dan Kebudayaan) Prof Dr Priyono, Menteri Kesehatan Rakyat Kolonel CDM dr Azis Saleh dan Menteri Trankopemada (Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa) Achmadi.

Sri Sultan HB IX pada tahun 1958 oleh seluruh organisasi kepanduan di Indonesia diangkat menjadi Pandu Agung. Sedang dr Azis Saleh pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Menko Perindustrian. Ia juga menjad Ketua Kwarnas Harian, pernah juga menjabat Sekjen Kwarnas.

Hasil kerja Panitia 4 berhasil merumuskan SK Presiden tentang Pembentukan Gerakan Pramuka dengan lampiran Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. SK itu bernomor 238/1961 ditanda-tangani oleh pd/(pejabat, pj) Presiden Ir.Djuanda, 20 Mei 1961. Ketika itu Bung Karno sedang berkunjung ke beberapa negara. Jabatan Ir. Djuanda adalah PM Pertama.

Tanggal 14 Agustus merupakan Hari Pramuka, yaitu untuk pertama kalinya anggota Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat. Pada waktu itu Bung Karno melantik MPN (Majelis Pramuka Nasional), yang kemudian diganti menjadi Majelis Pembimbing Nasional disingkat Mabinas. (KNIKHAS / YB. SURYANTO S/179)

Kedaipramuka.net merupakan Toko seragam pramuka yang menyediakan atribut pramuka lengkap.

Leave a Reply