Catatan Pengembara

Cara Kerja dan Perawatan Septic Tank

0

Septic tank adalah tempat penampungan limbah tinja yang seringkali berupa kubangan tangki di bawah tanah. Tangki ini terbuat dari cor yang mempunyai dua pipa untuk masuk limbah, pipa kedua untuk mengeluarkan udara yang yang mengendap.

Dalam waktu yang lama, limbah akan terpisah secara berurutan dari atas ke bawah. Paling atas adalah minyak dan segala sampah mengapung. Sementara lapisan di bawahnya, mengandung limbah cair dengan segala partikel sampah. Paling bawah adalah endapan partikel.

Pemilik septic tank harus secara teratur merawat dengan mengurasnya paling tidak satu tahun sekali supaya tidak terjadi luapan endapan sampah sebab penuhnya bak penampungan limbah.

Masalahnya bila hal tersebut terjadi, luapan kotoran manusia itu bisa mencemari tanah. Bahkan bisa juga tinja akan keluar di toilet dan drainase air yang tentu akan merusak peredaran udara yang dapat memunculkan penyakit hepatitis dan perlu menghubungi Jasa Sedot WC

Cara kerja

Pada dasarnya, septic tank tidak hanya bermanfaat sebagai penampungan limbah, tetapi juga pengolahan limbah dengan teknik diresapkan ke tanah atau disalurkan pada tempat pengolahan skala besar.

Pipa T yang dipakai untuk sirkulasi udara septic tank juga bermanfaat untuk menyuburkan bakteri untuk memusnahkan kotoran di dalam wadah pengolahan.

Setelah kotoran hancur di dalam septic tank limbah bisa dialirkan ke sumur resapan yang seringkali dibuat berdekatan. Ada sebanyak komponen yang perlu diperhatikan dalam penciptaan sumur resapan.

Seperti terdiri dari ijuk, kerikil, pasir sampai batu karang berongga. Di samping itu, ada pula pipa limbah berukuran 2 ½ inci untuk mempermudah penyebaran air limbah mengalir. Hal tersebut untuk menyaring limbah supaya terpisah dengan kotoran.

Kegunaan Jasa Saluran Mampet dan fungsi septic tank hanya untuk pengolahan limbah tinja yang mempunyai sifat feses, jadi jika pada umumnya tidak diperkenankan melemparkan air bekas mandi ke dalam bak penampungan.

Begitu halnya dengan bahan-bahan kimia seperti cairan pembersih lantai atau pemutih baju harus dihindari supaya tidak menghambat proses pengolahan. Apalagi benda seperti tisu maupun pembalut yang akan menyumbat pengolahan.

Lumpur septic tank

Septic tank tidak diperbolehkan untuk menyambungkan lumpur limbah ke sungai sebab akan merusak kesehatan lingkungan. Lumpur limbah harus dibuang ke tempat yang telah direncanakan, contohnya Instalasi Pengolah Lumpur Tinja (IPLT) yang berada di area tempat tinggalmu.

Leave a Reply