Ethwan Rilian Hidup akan lebih indah jika kita mengerjakan sesuatu yang kita cintai. Jangan lupa BERSYUKUR hari ini. *Blogger*Introvert*Taurus*

√ Yuk Kenalan Dengan 14 Anak Perusahaan Alibaba Group

5 min read

14 Anak perusahaan alibaba group

Alibaba Group adalah sebuah kerajaan bisnis yang sangat besar, pendirinya sendiri ialah seseorang bernama Jack Ma. Jack Ma adalah salah satu orag paling kaya di negeri Tirai Bambu (China). Ada istilah yang mengatakan “Banyak Anak Banyak Rejeki”. Sepertinya itu yang dapat dilihat dari Alibaba Group. Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini Alibaba Group berkembang dengan sangat pesat dan menyebar ke seluruh dunia.

Mengetahui bahwa dunia ini sangat luas dan memiliki berbagai macam bidang kehidupan, Alibaba Group juga bergerak menyesuaikan kebutuhan manusia dalam setiap bidangnya. Hal ini terbukti bahwa Alibaba Group bergerak menjadi perusahaan ritel, internet, teknologi, dan e-commerce.

Hal tersebut menjadikan Alibaba Group ini menjadi sangat terkenal di dunia dikarenakan pergerakannya dibidang e-commerce yang mampu bersaing dengan Amazon yang ada di Amerika. Untuk Anda yang penasaran seperti apa kesuksesan dari Alibaba Group ini, akan lebih baik jika Anda mulai berkenalan dengan anak cabang perusahaan Alibaba Group ini.

Berikut saya rangkumkan untuk Anda.

14 Anak Perusahaan Alibaba Group Yang Sukses Mendunia

1. Alibaba.com ( Alibaba Group )

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1999 dibidang E-Commerce ini didirikan oleh seorang bernama Jack Ma bersama rekannya. Sebelum itu Jack Ma telah mendirikan sebuah perusahaan internet pertama yang bernama China Yellow Pages. Selain dari pada itu Jack Ma juga pernah berkiprah untuk Kementrian Perdagangan Asing di China dalam memimpin sebuah perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan teknologi.

Lalu pada tahun 1999 lah pria kelahiran asal Hangzhou tersebut dengan 17 Co-Founder lainnya mengadakan sebuah perkumpulan untuk mengembangkan bisnis dibidang E-Commerce yang sekarang menjadi Alibaba Group. Di Alibaba Group Jack Ma pernah menjabat sebagai posisi Executive Chairman.

Namun pada usianya yang ke 54 tahun pria kelahiran tahun 1964 tersebut mengumumkan rencana pensiun dari perusahaan Alibaba Group pada satu tahun ke depan. Hal tersebut beliau lakukan karena beliau ingin lebih memfokuskan dirinya dalam bidang pendidikan dan beramal, lalu sebagai penggantinya di perusahaan Alibaba Group Jack Ma memilih Daniel Zhang untuk menempati posisinya tersebut.

2. UCWeb

Mungkin bagi Anda nama ini sudah tidak asing lagi, ya karena UC Web atau bisa disebut sebagai UC Browser ini merupakan perusahaan penyedia teknologi software internet mobile dengan layanan aplikasi terdepan. UC Browser ini sudah tersebar di seluruh dunia dan sudah banyak digunakan di semua sistem operasi seperti Android, iOS, Windows Mobile, dan lain-lain yang sudah merambat ke perangkat desktop.

Jadi untuk Anda yang bertanya-tanya UC Browser itu dibawah naungan siapa maka jawabannya adalah Alibaba Group. Browser ini sudah diuji dan karena sebab itulah banyak pengguna yang menggunakan browser ini. Tidak heran jika UC Web sudah berhasil membuat jaringan independen di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.Terbukti sudah ada lebih dari 150 negara dan wilayah yang menggunakan browser ini.

Perlu anda ketahui UC Web diakuisisi oleh Alibaba Group pada bulan juni tahun 2014. Hal ini menjadi peristiwa penting bagi Alibaba Group yang sedang mencoba untuk mengembangkan jaringan bisnisnya. Karena, pada saat itu produk UCWeb yaitu UCBrowser sedang dalam masa jaya-jayanya.

3. AutoNavi

Anda pasti sudah tidak asing dengan Google Maps yang notabenenya merupakan bagian dari perusahaan Google. Nah, untuk perusahaan Alibaba mereka juga punya maps versi mereka yang dinamai AutoNavi.

AutoNavi resmi menjadi kepemilikan Alibaba pada tahun 2014. Perbedaan antara google maps dan AutoNavi adalah bahwa AutoNavi hanya menyediakan peta untuk wilayah Cina saja.

Tapi, walaupun hanya di Cina sudah terbukti AutoNavi menjadi aplikasi peta seluler teratas di Cina dan sudah ada lebih dari 100 juta pengguna aplikasi ini. Uniknya AutoNavi sudah bekerja sama dengan google dan juga Apple.

4. AdChina

Adsense merupakan platform iklan milik google, sedangkan AdChina merupakan platform iklan online milik Alibaba yang berpusat di Negeri Tirai Bambu tersebut. Tujuan Alibaba mengakuasisi perusahaan tersebut dikarenakan agar para vendor nantinya dapat memperkuat layananan iklan mereka.

Munculnya AdChina ini menjadi malapetaka atau saingan bagi perusahaan periklanan online yang dimiliki oleh Google. Kehadiran AdChina sangat bermanfaat sekali untuk memasarkan produk bagi para pengguna Alibaba itu sendiri.

5. Ant Financial

Merupakan salah satu anak perusahaan Alibaba yang bergerak pada fitur pembayaran online dan seluler, selain itu Ant Financial juga bergerak untuk mengelola dana pasar yang mencakup dunia.

Karena telah berhasil memberikan dampak positif bagi lingkungan dan hutan, Ant Financial ini pernah menduduki peringkat nomer 6 pada daftar Fortune’s Change The World.

Bagi Anda yang masih merasa asing dengan Ant Financial dulunya dikenal dengan nama Alipay. Pada saat ini Ant Financial telah menjadi peruisahaan Financial Technology (Fintech) yang memiliki nila terbesar di dunia. Selain itu dengan nilai valuasi mencapai lebih dari 150 miliar dolar amerika serikat, menjadikan Ant Financial sebagai perusahaan unicorn dengan nilai valuasi terbanyak.

Baca Juga : √ Melihat 20 Tahun Kisah Perjalanan Raksasa Bisnis Alibaba

6. Lazada

Mungkin salah satu diantara Anda ada yang mengira bahwa Lazada adalah situs bisnis online dari Indonesia, namun kenyataannya Lazada merupakan perusahaan digital yang bergerak di bidang ekonomi dibawah naungan Alibaba Group yang pada mulanya telah di akuisisi pada tahun 2016 lalu.

Perusahaan ini sudah tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara yang mana diantaranya ialah Indonesia, Singapura, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Thailand. Setelah diakusisi pada 2016 lalu, pada tahun 2017 bulan juni Alibaba Group berlanjut untuk berinvestasi sebesar $1 miliar, dan pada bulan maret 2018 kembali berinvestasi sebesar $2 miliar.

Setelah melakukan banyak investasi pada Lazada menjadikan Alibaba Group memiliki sekitar 83% saham yang ada di Lazada.

7. Taobao

Berdiri pada tahun 2003 yang mana merupakan salah satu situs berbelanja online dengan bahasa mandarin. Taobao hampir sama fungsinya dengan Alibaba, Ebay, dan Amazon.Dan memiliki sebanyak 760 milyar produk yang tersedia di situs tersebut.

Tidak heran taobao sangat diminati oleh banyak orang, itu bisa terbukti dari fakta bahwa taobao merupakan salah satu dari 20 situs yang sering dikunjungi menurut alexa.

Kelebihan lainnya adalah bahwa Taobao ini memberikan pengalaman belanja terbaik dan aman dengan memberikan penggunanya akses transparan. Itu disebabkan konsumen dapat memberikan aksi seperti komentar, komplain, ranting dan dapat mengakses latar belakang penjual yang tersedia.

Walaupun Taobao berbahasa mandarin untuk Anda yang benar-benar menginginkan produk yang ada di Taobao, Anda tidak usah merasa bingung karena sekarang ini sudah tersedia sebuah jasa yang akan memudahkan Anda semua import barang dari Cina langsung tanpa harus terkendala oleh bahasa, waktu, dan hal lainnya.

Melalui jasa taobao Indonesia dari One World, dapatkan kepuasaan belanja Anda.

8. 1688.com

1688.com merupakan marketplace grosir terbesar yang berada di Tiongkok. 1688.com berperan guna menghubungkan pedagang dan pembeli grosir dari berbagai macam sektor seperti pakaian, sepatu, elektronik, bahan kemasan, dekorasi rumah tangga, dan lain-lainnya.

9. AliExpress.com

AliExpress.com tersedia dalam 17 bahasa, dan merupakan marketplace yang berfungsi untuk menghubungkan para pembeli yang berada di belahan dunia yang ingin membeli barang langsung dari para produsen dan distributor yang berada di Tiongkok. Hal ini berbeda dengan Alibaba.com dan 1688.com yang bergerak pada bidang perdagangan grosir.

Pergolakan pasar tertinggi yang menjadi fokus oleh Aliexpress.com terdapat pada beberapa negara diantaranya Perancis, Amerika Serikat, Spanyol, Brasil, dan Rusia.

10. South China Morning Post

Perudahaan South China Morning Post yang usianya sudah kurang lebih sekitar seabad ini diakuisisi oleh Alibaba pada bulan Desember tahun 2015 lalu dengan harga sebesar $266 juta.

Tujuan diakuisisinya perusahaan tersebut dikatakan oleh Jack Ma sebagai upaya untuk melebarkan bisnis hiburan dan media juga untuk membentuk berita mengenai negara Tiongkok di media barat.

11. Alibaba Pictures Group

Perusahaan yang memiliki nama awal China Vision Media ini merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang perfilm-an, yang dimana sahamnya telah dibeli sekitar 60% dengan jumlah nominal uang sebesar $804 miliar oleh pihak Alibaba Group.

12. Cainiao Network

Perusahaan yang satu ini merupakan perusahaan milik Alibaba Group yang bergerak dibidang logistik yang telah didirikan pada tahun 2013 lalu. Perusahaan Cainiao Network tidak hanya berupaya untuk memenuhi segala kebutuhan pesanan konsumen, lebih dari itu berperan juga untuk membangun dan mengoperasikan jaringan dalam lintas global bersama dengan mitra logistiknya.

Hal tersebut dilakukan agar dapat memenuhi banyaknya pesanan dalam waktu 24 jam di negara Tiongkok dan untuk berbagai negara lain dalam waktu 72 jam.

13. Alingwang dan Laiwang

Alingwang dan Laiwang merupakan layanan pesan instan yang didesain dengan tujuan untuk pasar yang berbeda. Pada tahun 2004 menjadi tahun dimana Alingwang diluncurkan untuk pertama kalinya oleh pihak Alibaba Group.

Diluncurkannya Alingwang tersebut dengan tujuan agar dapat memberikan kemudahan pada setiap interaksi antara pembeli dan penjual di Taobao. Tidak hanya itu kini sudah berkembang pesat menjadi layanan pesan instan yang tersebar luas di Tiongkok.

Untuk Laiwang sendiri pihak Alibaba Group melakukan akuisisi Laiwang pada tahun 2013 lalu.

14. Ali Health Information Technology

Perusahaan yang satu ini memiliki perbadaan yang cukup jauh bidangnya dari perusahaan yang menjadi anak dari Alibaba Group itu sendiri. Karena perusahaan Ali Health Information Technology ini bergerak pada bidang layanan kesehatan dengan misi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan serta pengobatan ke berbagai daerah di Tiongkok.

Berdirinya Ali Health Information Technology itu sendiri diluncurkan pada tahun 2014. Hal tersebut terjadi setelah Alibaba dan perusahaan ekuitas swasta bernama Yunfeng melakukan pembelian saham di perusahaan Citic 21CN sebesar 54%.

Itulah daftar 14 anak perusahaan dari bisnis Alibaba Group. Dengan banyaknya anak perusahaan yang berada di bawah naungan bisnis Alibaba Group. Alibaba Group juga mengklaim telah memiliki banyaknya konsumen aktif pertahun dengan jumlah sekitar 960 juta di seluruh dunia.

Hebatnya Jack Ma dalam membangun bisnis Alibaba Group semoga menjadi inspirasi bagi kalian dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, intinya adalah jangan mengenal lelah saat membangunnya. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar Informasi dan Teknologi hanya di Josephslate.com Informasi Teknologi Terupdate.

Baca Juga : √ Melihat 20 Tahun Kisah Perjalanan Raksasa Bisnis Alibaba

Avatar
Ethwan Rilian Hidup akan lebih indah jika kita mengerjakan sesuatu yang kita cintai. Jangan lupa BERSYUKUR hari ini. *Blogger*Introvert*Taurus*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *